Kenapa sih Daun Sirih Merah Manfaatnya Ada Banyak Sekali?

Daun Sirih Merah Manfaatnya

Sirih Merah (Piper crocatum) merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki banyak potensial. Secara empiris tanaman ini memiliki khasiat. Daun sirih merah manfaatnya untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Tanaman ini tergolong dalam Famili Piperaceae. Sirih merah memiliki bentuk daun yang memiliki warna merah keperakkan dan saat terkena cahaya akan mengkilap. Beberapa orang menjadikan Sirih Merah menjadi tanaman hias karena bentuknya yang menarik.

Manfaat

Daun Sirih Merah Manfaatnya

Tanaman Sirih Merah tumbuh menjalar seperti Sirih Hijau. Memiliki batang bersulur dan beruas dan setiap buku selalu tumbuh bakal akar. Daun dari tanaman ini berbentuk jantung dan memiliki tangkai dengan bagian atas yang meruncing. Selain Sirih Merah dan Hijau, terdapat jenis Daun Sirih lain, yaitu Daun Sirih Hitam.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di tempat yang teduh, di mana tempat tersebut tidak banyak terpapar sinar matahari. Karena sinar matahari akan menyebabkan warna merah daunnya menjadi pudar. Tanaman ini memiliki akar tunggang berbentuk bulat dan berwarna coklat kekuningan. Bunganya majemuk dan berbentuk bulir. 

Daun Sirih mengandung beberapa senyawa, seperti flavonoid, alkaloid, alkaloid, tannin, dan minyak atsiri. Senyawa terebut memiliki sifat antibakteri, sehingga daun sirih merah manfaatnya sudah tidak bisa kita ragukan lagi. Bagian dari Daun Sirih yang sering orang orang manfaatkan adalah daunnya. Baca juga nih manfaat tanaman lainnya yaitu belimbing wuluh.

Daun Sirih Merah Untuk Obat Apa Saja?

Daun Sirih Merah Untuk Obat Apa Saja?

Daun sirih merah manfaatnya adalah dapat kita jadikan obat, karena kandungan zat-zat kimia yang terkandung dalam Daun Sirih Merah. Ini termasuk dalam dalam jenis Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Karenanya banyak masyarakat yang menanam tanaman ini di rumahnya. Sejak dahulu kala Sirih Merah memang sering orang orang manfaatkan secara turun temurun dan mereka anggap ampuh untuk mengatasi suatu penyakit. Daun sirih merah manfaatnya dapat kita simak lebih lanjut pada ulasan di bawah ini:

Taukah anda, daun sirih merah untuk obat apa saja? Masyarakat percaya daun sirih merah sebagai obat herbal yang minim efek samping. Daun sirih merah dapat mengobati beberapa penyakit, seperti:

  • Obat batuk
  • Obat diabetes
  • Mengobati gusi berdarah dan sariawan
  • Mengobati sakit jantung
  • Obat kanker dan tumor
  • Merawat organ kewanitaan
  • Mengobati Radang Mata

Apa Efek Samping Minum Daun Sirih Merah?

Apa Efek Samping Minum Daun Sirih Merah?

Pada umumnya, beberapa obat memiliki efek samping jika kita konsumsi namun bagaimana dengan Daun Sirih Merah ? apa efek samping minum daun sirih merah? Ternyata daun sirih merah dapat menimbulkan efek samping jika kita konsumsi secara berlebihan. Beberapa efek samping ini adalah:

  • Mengganggu kesehatan mata
  • Keguguran
  • Iritasi gusi dan kanker mulut
  • Ketagihan¬†

Segala sesuatu memang baiknya kita gunakan sewajarnya dn seperlunya. Begitu juga penggunaan daun sirih sebagai obat juga perlu kita gunakan sebagaimana mestinya dan tidak berlebihan. Kebersihan alat yang kita gunakan juga perlu kita perhatikan agar obat yang kita buat tidak terkontaminasi bakteri. Seperti mencuci bersih Daun Sirih Merah dan alat sebelum kita gunakan untuk mengolah obat herbal.

Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah

Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah

Memanfaatkan Daun Sirih Merah dapat menggunakan beberapa cara pengolahan, salah satunya adalah dengan cara merebus. Tentunya rebusan daun ini memiliki beberapa manfaat.

Manfaat rebusan daun sirih merah adalah mengobati beberapa penyakit, yaitu penyakit tumor ringan, asam urat, pneumonia, sakit perut, gatal, tekanan darah tinggi, bronchitis, mengurangi bau badan dan mulut, bahkan hingga mengobati jerawat. Rebusan Sirih Merah dapat dikonsumsi langsung maupun dibasuhkan ke bagian tubuh yang membutuhkan untuk diobati.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.