Lagu Berkibarlah Benderaku Dinyanyikan Dengan Tempo Bagaimana?

LAGU BERKIBARLAH BENDERAKU DINYANYIKAN DENGAN TEMPO

Teman-teman tentu mengetahui bukan lagu berkibarlah bendera, atau mungkin pernah menyanyikannya juga. Namun apakah teman-teman tau lagu berkibarlah benderaku dinyanyikan dengan tempo apa? Berkibarlah benderaku temponya berapa?

Berkibarlah benderaku adalah lagu nasional yang diciptakan oleh Saridjah Niung, atau sering kita dengan dengan nama Ibu Soed pada tahun 1947. Dalam pembuatan lagu ini, Ibu Soed dibantu oleh Joesoef Ronodipoero yang dimana menjadi pimpinan Radio Republik Indonesia (RRI) pada waktu itu.

Ibu Soed sendiri adalah seorang penyiar, guru musik, ibu dan pencipta lagu yang telah menciptakan banyak lagu lainnya baik lagu nasional maupun lagu anak-anak.

Berkibarlah benderaku temponya berapa?

Contoh Lagu yang diciptakan nya, yaitu “Tik Tik Bunyi Hujan”, “Lihat Kebunku”, “Naik Becak”, “Bendera Merah Putih”, “Tanah Airku”, “Indonesia Tumpah Darahku”, dll.

Sehingga tentu kita sudah familiar dan daoat mengira-ngira lagu berkibarlah benderaku dinyanyikan dengan tempo yang seperti apa.

Berkibarlah Benderaku Lirik

Berikut adalah Berkibarlah Benderaku Lirik Berkibarlah benderaku
Lambang suci gagah perwira Di seluruh pantai Indonesia Kau tetap pujaan bangsa

Siapa berani menurunkan engkau Serentak rakyatmu membela Sang merah putih yang perwira Berkibarlah Slama-lamanya

Kami rakyat Indonesia Bersedia setiap masa Mencurahkan segenap tenaga Supaya kau tetap cemerlang

Tak goyang jiwaku menahan rintangan Tak gentar rakyatmu berkorban
Sang merah putih yang perwira Berkibarlah Slama-lamanya
Sejarah pembuatan lagu berkibarlah benderaku

 

Dalam pembuatan berkibarlah benderaku, terdapat sebuah peristiwa yang membuat Ibu Soed terinspirasi. Peristiwa tersebut adalah Joesoef Ronodipoero pada masa Agresi Militer Belanda pada tahun 1947, dipaksa untuk menurunkan bendera Indonesia.

Namun Joesoef Ronodipoero tetap menolaknya bahkan ketika diancam oleh senjata api juga. Peristiwa itulah yang menginspirasi Ibu Soed. Hal ini membuat kita harus menyanyikan lagu lagu berkibarlah benderaku dinyanyikan dengan tempo yang benar.

Berkibarlah benderaku lirik

Karena dibalik lagu ini terdapat peristiwa yang begitu luar biasa mengenai kegigihan Joesoef Ronodipoero dalam mempertahankan agar Bendera Merah Putih tidak diturunkan disaat nyawa sebagai taruhannya.

Dari lirik tersebut, lagu ini memiliki makna-makna di dalam liriknya. Lagu ini menggambarkan solidaritas dan kebersamaan dalam membela Bendera Merah Putih, Tanah Air Indonesia dan Bangsa Indonesia sehingga Indonesia dapat menjadi negara yang aman, damai, sejahterah, dll hingga akhir hayat.

Lagu ini juga memiliki makna bahwa bendera yang merupakan lambang negara tentu harus kita hormati, banggakan dan junjung tinggi. Karena untuk menaikkan bendera tersebut membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit, baik waktu, tenaga, pikiran hingga nyawa.

Sehingga semangat-semangat dan jiwa patriotisme serta rasa bangga terhadap Bendera Merah Putih harus kita teruskan dengan mengajarkan dan menanamkannya kepada anak cucu kita.

Berkibarlah Benderaku Temponya Berapa?

Berkibarlah benderaku temponya berapa

Tentu teman-teman bertanya-tanya apakah lagu Berkibarlah Benderaku bertempo lambat? Tempo pada lagu Berkibarlah Benderaku termasuk ke dalam tempo marcia.

Tempo marcia atau dapat disebut juga dengan tempo marcia moderato, membuat lagu dinyanyikan layaknya sebuah yel-yel saat baris-berbaris. Untuk ketukannya, lagu ini 83-85 ketukan untuk setiap menitnya dan memilili birama 4/4.

Sehingga jika ada pertanyaan apakah lagu Berkibarlah Benderaku bertempo lambat? Jawabannya tentu tidak, temponya termarsuk ke dalam tempo yang cepat.

Dengan lagu berkibarlah benderaku dinyanyikan dengan tempo yang cepat, membuat lagu ini termasuk lagu-lagu yang wajib dinyanyikan saat hari kemerdekaan Indonesia. Lagu ini dapat membakar semangat menggunakan temponya.

Jadi kita telah mengetahui lagu berkibarlah benderaku dinyanyikan dengan tempo yang cepat, sehingga teman-teman jangan sampai salah menyanyikannya ya. Karena Terdapat makna yang mendalam di dalam lagu ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.