Manfaat Buah Jigong untuk Kesehatan

buah jigong

Buah dengan nama latin Pouteria Campechiana merupakan salah satu jenis buah langka yang banyak mengandung manfaat. buah yang memiliki sebutan berbeda beda seperti sawo mentega, sawo belanda, alkesa atau canistel ini merupakan buah yang berasa dari meksiko. buah jigong  ini dapat ditemukan di sekitar ragunan dan kota bandung. buah ini dalam bahasa inggris sering disebut dengan canistel, yellow sapote, dan egg fruit.

Buah Jigong Itu Buah Apa?

Mungkin dari kalian masih ada yang belum mengenal, buah jigong itu apa? Buah jigong merupakan buah yang berasal dari wilayah amerika tengah dan meksiko. Buah dengan bentuk seperti telur sungsan ini biasanya berukuran 7,5-12,5 x 2-7,5 cm mempunyai kulit tipis dan licin namun kaku, buah jigong akan berwarna kuning jika telah matang. Buah ini mempunyai daging yang lembab namun agak kering dan seperti bertepung.

Buah ini di negara lain sering dijadikan campuran es krim, puding, milkshake, kue pie dan selai roti. Buah ini banyak dijual di kawasan puncak dan banyak ditanam di wilayah cikalong wetan, curawa, rajamandala dan ciputat.

Apa Manfaat Buah Alkesa?

Buah Jigong itu buah apa?

Buah buah alkesa atau buah jigong ini mengandung banyak nutrisi seperti serat, mineral, zat tepung, vitamin C, kalsium, fosfor, riboflavin, karoten, thiamin and niacin. Serta mempunyai kandungan energi yang terdiri dari protein, lemak dan karbohidrat. Dengan kandungan nutrisi yang banyak ini, lalu apa manfaat buah alkesa? Berikut merupakan manfaat dari buah alkesa sebagai berikut.

1. Dapat menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium yang ada pada buah alkesa memberi manfaat untuk pembentukan maupun kesehatan tulang. Karena untuk menjaga kesehatan tulang dibutuhkan asupan kalsium untuk tubuh.

2. Dapat mencegah infeksi

Buah alkesa mengandung vitamin A dan C yang baik untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang berbahaya serta dapat mencegah infeksi.

3. Dapat menurunkan resiko diabetes.

Buah alkesa mengandung niacin yang cukup tinggi, niacin berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah karena dapat mengubah gula darah menjadi energi.

4. Dapat melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada buah alkesa baik untuk melancarkan pencernaan, karena dapat meringankan kerja usus dan organ lainnya.

5. Dapat mencegah resiko kanker usus

buah alkesa mengandung antioksidan yang dapat digunakan untuk mencegah kanker usus, karena terdapat senyawa yang dapat menetralisir virus, racun dan bakteri penyebab kanker usus.

6. Dapat menjaga kesehatan mata

Buah ini mengandung vitamin A dan karotenoid yang dapat memberikan manfaat yaitu menutrisi mata dan rambut.

Apa Yang Dimaksud dengan Jigong?

Apa manfaat buah alkesa?

pada saat masih kecil pasti kalian pernah mendengar candaan “ih gigi kamu ada jigongnya tuh” candaan ini sering dugunakan untuk memberitahu bahwa ada sisa makanan yang menempel pada gigi tapi ternyata bukan.

Namun sebenarnya apa yang dimaksud dengan jigong? Jigong merupakan buah yang sering ditemui di beberapa wilayah kota bandung dan jakarta. Buah dengan warna kuning ini mempunyai rasa yang manis.

Setelah memakan warna buah ini biasanya ada sisa warna kuning yang tertinggal pada kuning, dari situlah mulai candaan ada jigong yang menempel pada gigi. Karena hal itu pula jigong sering dikira dengan sisa makanan, namun ternyata adalah buah.

Sekian merupakan artikel yang membahas tentang buah jigong, buah dengan nama unik dan langka dengan segudang manfaat ini baik dikonsumsi secara rutin, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.