Masyarakat Homogen Adalah? Mari Kita Ulas Tuntas!

Masyarakat homogen adalah

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita pastinya akan mengenal banyak masyarakat yang berasal dari daerah atau wilayah yang berbeda. Ada mereka yang berasal desa dan juga kota. Kemudian hal itu akan menyebabkan beberapa perbedaan dalam berbagai aspek. Masyarakat homogen adalah masyarakat yang memiliki identitas atau sebutan dengan etnis, ras, budaya dan agama yang sama, kemudian lebih cenderung mengikuti gaya hidup yang sama dengan karakter budayanya.

Sehingga bisa kita sebut ia adalah masyarakat yang masih mengikuti atau menjunjung nilai-nilai kebudayaan. Dengan kata lain Masyarakat yang bersangkutan adalah mereka yang masih berpegang teguh dengan adat istiadat dan juga tradisi.

Apa yang Dimaksud Dengan Masyarakat Homogen?

Apa yang Dimaksud Dengan Masyarakat Homogen?

Setelah kalian menyimak penjelasan di atas, mungkin dari teman-teman masih bingung nih dengan apa sih masyarakat homogen. Oke, untuk lebih memudahkan kalian dalam memahami tentang Apa yang dimaksud dengan “mereka ini”? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Mereka adalah suatu kelompok dalam lingkup sosial yang dimana memiliki kesamaan dalam berbagai aspek seperti ras, bahasa, suku, agama dan juga tradisi.

Mereka ini biasanya berjumlah dengan skala yang relatif kecil, biasanya mereka ini akan bertempat tinggal di daerah terpencil atau pedalaman.

Di Indonesia kita bisa menjumpai masyarakat homogen yang terdapat di berbagai wilayah yaitu Sundah wiwitan dan Suku Badui dalam yang memiliki banyak kesamaan di berbagai aspek.

Apa Perbedaan Masyarakat Homogen dan Heterogen?

Apa yang Dimaksud Dengan Masyarakat Homogen?

Setelah kita mengetahui tentang mereka yang homogen yaitu mereka yang memiliki kesamaan dalam tradisi, cara berpikir dan sudut pandang. Yuk kita bahas tentang mereka para penganut heterogen yang menjadi kebalikan dari homogen.

Masyarakat heterogen adalah sekelompok masyarakat yang memiliki keberagaman dan juga variasi baik dalam suku, etnis, ras, agama dan budaya yang tentunya berbeda-beda.

Masyarakat heterogen ini biasanya berdampak oleh heterogenitas oleh penduduk karena adanya mobilitas atau perpindahan yang berasal dari berbagai wilayah.

Biasanya masyarakat heterogen ini sering kita dapati di kawasan atau wilayah perkotaan. Karena banyaknya perpindahan dari desa ke kota. Namun, banyaknya masyarakat heterogen ini juga dapat menyebabkan hambatan pada integrasi sosial loh teman-teman.

Karena biasanya masyarakat heterogen ini cenderung susah untuk disatukan karena adanya perbedaan pada latar belakang.

Selain itu kesadaran yang kurang untuk menerima perbedaan yang terdapat pada bangsa homogen juga menjadi penghambat, baik perbedaan pada agama, suku, ras dan budaya.

Nah, teman-teman tau ga sih, Apa perbedaan masyarakat homogen dan heterogen?  Berikut adalah perbedaan antara masyarakat homogen dan heterogen:

  1. Masyarakat homogen memiliki kesamaan dalam berbagai aspek termasuk dengan cara pola pikir, sedangkan pada masyarakat heterogen terdapat perbedaan dalam cara pandang karena adanya campuran baik dalam budaya, ras, agama dan etnis.

  2. Masyarakat homogen menganut tradisi dan adat istiadat yang sangat kuat sedangkan pada heterogen mempunya keyakinan masing-masing

  3. Pada lingkup masyarakat heterogen tentu saja bertanda dengan adanya kemajuan tinggi baik pada teknologi ekonomi dan juga gaya hidup. Sedangkan pada homogen bertanda dengan adanya ketertinggalan oleh teknologi.

Apakah Masyarakat Indonesia Merupakan Masyarakat yang Homogen?

Apakah Masyarakat Indonesia Merupakan Masyarakat yang Homogen?

Seperti yang kita ketahui, Indonesia kaya akan keberagaman dan juga perbedaan, karena Indonesia memiliki banyak provinsi serta ragam budaya. Namun Apakah masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang homogen?

Indonesia merupakan negara yang termasuk kedalam golongan heterogen. Karena di Indonesia memiliki campuran atau banyaknya perbedaan etnis. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya perbedaan pada budaya, kepercayaan, dan juga tradisi etnis yang mereka miliki masing-masing wilayah yang terdapat di Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.