Mengkudu Berkhasiat Mengobati Penyakit Apa?

Mengkudu Berkhasiat Mengobati Penyakit

Hello teman-teman pasti kalian pernah mendengar apa itu buah mengkudu sebelumnya kan. Pada buah ini memiliki warna hijau dan merupakan buah tropis yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mengkudu merupakan sejenis tanaman liar yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah dengan nama latin ini Morinda Citrifolia memiliki manfaat penyembuhan alami yang telah dipercaya dari jaman dahulun untuk mengobati berbagai penyakit seperti mengurangi kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.Buah mengkudu mengandung antioksidan, seperti saponin dan flavonoid, serta berbagai zat yang bersifat antiradang dan antibakteri hal itulah yang menyebabkan mengkudu berkhasiat mengobati penyakit. Mengkudu memiliki bentuk lonjong dengan bintik bintik putih, permukaaan kasar atau tidak beraturan dengan panjang 5-10 cm, dan mengkilap yang bisanya ketinggian pohonnya mencapai 4-8 meter.

Buah mengkudu mempunyai rasa yang pahit hal apalgi jika sudah matang akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan berair tapi heiii jangan salah dibalik rasa dan bentuknya yang kurang mengenakan ternayata mengkudu berkhasiat mengobati penyakit.

Kandungan Mengkudu

Kandungan Mengkudu

Meski memiliki bentuk tak cantik dan rasa yang tidak enak tapi buah mengkudu berkhasiat mengobati penyakit dan mengandung banyak manfaat untuk tubuh, pengen tahu kan apa ajasih yang terkandung dalam buah mengkudu? Yuk simak kandungan mengkudu 

  • Kalori 47 kkl
  • Karbohidrat 11gr
  • Lemak kurang dari 1 gr
  • Protein kurang dari 1 gr
  • Vitamin C 33 % (dari AKG)
  • Gula 8gr
  • Biotin 17 % AKG
  • Asam float  6 % AKG
  • Vitamin E 3%
  • Kalsium 3% AKG
  • Portasium 3% AKG

Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan

Oleh karena itu banyak juga manfaat yang terkandung pada mengkudu. Banyaknya serat dan nutrsi yang terkandung dalam buah mengkudu ini sangat baik untuk tubuh jika mengonsumsi secara rutin. Menikmatinya juga baik secara langsung di jus ataupun melalui suplemen. Dari keterangan yang sudah saya sampaikan mengatakan bahwa vitamin C yang terkandung dalam mengkudu cukup tinggi yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat mengkudu untuk kesehatan. 

Mengkudu Mengandung banyak antioksidan 

Mengkudu merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan tubuh harus mempunyai keseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas. Antioksidan utaman yang terkandung dalam mengkudu tinggina Vitamin C, Vitamin E, iridoid dan beta karoten. oleh karena sebab itu mengkudu mengandung banyak antioksida.

Mengkudu untuk   kesahatan jantung 

Seperti yang telah terpaparkan diatas mengkudu mengandung antioksidan yang tinggi. Hal itulah yang sudah pasti mempunyai manfaat yang baik untuk menjaga kesahatan jantung. Karena menurunkan kadar kolesterol dan lemak yang ada pada darah. Guna untuk melancarkan aliran darah ke jantung selain itu juga dapat mengurangi peradangan. Mengkudu untuk kesahatan jantung bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi mengkudu secara rutin. 

Mengkudu Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan

Menurut jurnal foods mengkonsumsi mengkudu dapat menjaga kekebalan tubuh dengan cara mengkonsumsi dalam bentuk jus. Hal itu terbukti pada penduduk kepulauan pasific mempercayai bahwa mengkosmsi buah mengkudu dapat menjaga kekebalan tubuh selama perjalanan jauh dan memancing dan berlayar.

Menurut beberapa penelitian salah satunya yang terdapat dalam Jurnal of Medicinal Plants Researchyang melakukan penelitian selama 3 minggu. Oleh karena itu melalui memberikan pelari jarak jauh mengkonsumsi jus mengkudu 2 kali sehari.

Dalam penelitian ini menyatakan bahwa kelompok pelari yang mengkonsumsi buah mengkudu 2 kali sehari mengalami peningkatan 21% daya tahan tubuh. Peningkatan daya tahan tubuh ini terjadi karena kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah mengkudu. 

Sudah tahu kan teman teman banyak sekali manfaat buah mengkudu selain itu mengkudu berkhasiat mengobati penyakit karena banyaknya nutrisi yang terkandung dalam si hijau ini jika rutin dikonsumsi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.