Metode Biantara? Apakah itu? Yuk Kita Simak!

metode biantara

Biantara merupakan arti dari lain dari kata pidato. Biantara diambil dari bahasa Sunda yang memiliki arti sama halnya dengan pidato. Sama dengan arti pidato pada umumnya, biantara ini berbicara didepan umum untuk menyampaikan pendapat atau suatu hal. Nantinya, para pembicara yang sudah selesai menyampaikan hal tersebut akan diberikan tepuk tangan dan anggukan. Sama halnya dengan pidato dalam bahasa Indonesia, Biantara ini jua memiliki beberapa metode. Terdapat 4 Metode biantara yang bisa digunakan dalam menyampaikan.

Penyampaian materi atau hal penting yang ditujukan pada para pendengar tentunya menggunakan bahasa sunda. Mungkin akan sulit jika pembicara tersebut tidak bisa berbicara fasih menggunakan bahasa sunda. Namun, tenang saja ada bebrpaa metode yang dapat digunakan untuk menyampaikan pidato ini. Untuk mengetahui apa saja metode tersebut, yuk kita bahas bersama-sama.

Apa Saja Metode Biantara?

Apa Saja Metode Biantara?

Dalam pematerian pidato, kita sudah mengetahui beberapa metode atau teknik yang bisa kita terapkan untuk menyampaikan isi dari pidato tersebut. Lalu Apa Saja Metode Biantara? Apakah metode tersebut hampir sama dengan metode yang terdapat pada pidato pada umumnya? Berikut adalah penjelasannya.

  1.     Metode impromptu.

Pertama adalah Metode impromptu salah satu penyampaian yang dilakukan tanpa catatan ataupun naskah, dan bersifat mendadak atau seketika.

  1.     Metode naskah (manuscript)

Selanjutnya adalah metode naskah. Metode ini disampaikan atau diucapkan dengan menggunakan sebuah catatan naskah. Metode ini biasa digunakan pada saat acara penting, resmi atau formal yang bertujuan untuk meminimalisir kesalahan.

  1.     Metode ngapalkeun (memoriter)

Adalah salah satu metode metode berpidato yang disampaikan dengan mempersiapkan hafalan naskah sebelum menyampaikan pidato.

  1.     Metode ekstemporan.

Metode biantara yang terakhir adalah metode ekstemporan, metode ini dilakukan dengan mencatat beberapa garis besar isi yang terdapat pada pidato.

Apa Yang Dimaksud Dengan Biantara Impromptu?

Apa Yang Dimaksud Dengan Biantara Impromptu?

Nah, teman-teman sudah paham belum sih tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Biantara Impromptu?Metode biantara impromptu  adalah adalah salah metode dalam berpidato yang dilaksanakan secara langsung dengan adanya persiapan sebelum melakukan pidato tersebut. Biasanya metode ini akan lebih mudah dilakukan oleh mereka yang sudah terbiasa untuk berpidato di depan banyak orang.

Pidato ini memiliki arti yaitu pengungkapan suatu pendapat, gagasan, ide atau pikiran dengan dikeluarkan menggunakan dalam bentuk kalimat atau kata-kata, pidato ini juga ditujukan untuk para pendengar atau khalayak umum. Metode biantara impromptu adalah salah satu metode yang dapat kalian gunakan untuk menyampaikan isi pidato nantinya.

Jelaskan Langkah Langkah Biantara?

Jelaskan Langkah Langkah Biantara?

Setelah kita memahami tentang pengertian, arti dan beberapa metode yang digunakan dalam biantara, tentunya kalian juga harus tau bagaimana cara menyusun teks biantara. Tentunya ada tahap-tahap yang diperlukan dalam menyusun teks biantara. Mungkin, teman-teman akan bertanya-tanya bagaimana atau Jelaskan Langkah Langkah Biantara?

Untuk memudahkan kalian dalam membuat naskah atau teks biantara, yuk kita simak penjelasan di bawah ini.

  1.     Pilih topik yang ingin sesuai dengan yang ingin disampaikan.

Sama dengan halnya dengan pidato, teks biantara juga memerlukan topic yang bisa dijadian ide pokok untuk disampaikan ke para pendengar

  1.     Susun teks tersebut.

Setelah mendapatkan topic yang sesuai langkah selanjutnya adalah dengan membuat naskah agar meminimalisir kesalahan pada saat menyampaikan.

  1.     Mencatat atau mengidentifikasi unsur-unsur penting.
  2.     Menyampaikan isi pidato atau biantara kepada para pendengar.

Langkah terakhir adalah menyampaikan isi biantara pada para pendengar. Usahakan penyampaian isi pidato tersebut tidak terlalu lama dan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.