Metode Demonstrasi Adalah? Apa Tujuannya

metode demonstrasi adalah

Keberhasilan sebuah proses pembelajaran tergantung dari seberapa paham siswa terhadap materi yang disampaikan. Proses pembelajaran juga mempengaruhi kualitas dalam memahami suatu materi. Jika siswa membutuhkan metode belajar yang interaktif. namun tidak semua metode belajar dapat digunakan dalam proses pembelajaran tertentu. Ini merupakan salah satu cara yang cocok digunakan agar proses penyampaian materi lebih mudah. Metode demonstrasi adalah Metode pembelajaran yang memperagakan atau mempertunjukkan suatu peristiwa atau kejadian menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan menggunakan gambar, video, barang, perangkat laboratorium maupun alat bantu lainnya.

Pengertian lainnya yaitu metode demonstrasi adalah proses mengajar yang menggunakan ilustrasi mengenai kejadian atau peristiwa yang ada dalam materi. Sehingga siswa bisa membandingan mengenai teori yang ada di buku dengan gambaran secara langsung, hal tersebut memudahkan siswa menemukan jawaban. Metode ini bersifat konstruktif yaitu guru tidak hanya menunjukkan tetapi juga menjelaskan dan memberikan pertanyaan yang mengajak murid untuk berpikir atau memecahkan suatu permasalahan.

Bagaimana Cara Penerapan Metode Demonstrasi?

Bagaimana Cara Penerapan Metode Demonstrasi?

Dalam metode demonstrasi penerapannya juga tergantung bagaimana guru tersebut mempersiapkan materinya. Lalu bagaimana cara penerapan metode demonstrasi? berikut merupakan langkah-langkah

  1. Mempersiapkan media atau alat-alat pembelajaran sesuai dengan materi.
  2. Kemudian guru akan mulai menjelaskan mengenai apa yang akan dilaksanakan dan dikerjakan oleh murid
  3. Lalu guru sebagai demonstrator kemudian mendemonstrasikan secara detail dan perlahan sesuai dengan yang ada dalam materi.
  4. Di sela-sela proses demonstrasi itu juga guru harus melakukan interaksi dengan murid, seperti memberikan pertanyaan yang mengajak siswa untuk berpikir sehingga proses pembelajaran akan lebih aktif.
  5. Kemudian yang terakhir guru akan menugaskan kepada murid untuk melakukan demontrasi sendiri sesuai apa yang telah di ajarkan sebelumnya. Kemudian menyuruh untuk membandingan dan mengamati dengan teori.

Apa Tujuan dari Metode Demonstrasi?

Apa Tujuan dari Metode Demonstrasi?

 

Mungkin masih ada yang belum mengetahui apa tujuan dari metode demonstrasi? Tujuannya dalam pembelajaran yaitu sebagai berikut.

  1. Memberikan gambaran atau ilustrasi kepada murid mengenai teori atau pelajaran.
  2.  Menarik perhatian siswa agar antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
  3. Meningkatkan pertumbuhan kognitif, psikomotorik dan afektif siswa.
  4. Memberikan pengalaman pembelajaran bagi siswa melalui penglihatan dan pendengaran secara bersamaan.
  5. Mempermudah proses penyampaian materi kepada siswa

Mengapa Metode Demonstrasi Merupakan Metode Mengajar yang Sangat Efektif?

Mengapa Metode Demonstrasi Merupakan Metode Mengajar yang Sangat Efektif?

Kondisi pembelajaran yang monoton secara terus-menerus membuat siswa jenuh dan sulit untuk memahami karena tidak ada yang membuat mereka merasa antusias dalam mengikuti pembelajaran. Kondisi tersebut tidak baik karena dapat membuat siswa terhambat dalam berkreativitas dan mengeksplorasi. hal tersebut juga dapat menghambat pertumbuhan kognitif, psikomotorik dan afektif siswa. oleh karena itu perlu adanya metode belajar yang variatif yang membuat siswa merasa antusias.

Metode demonstrasi adalah metode belajar yang efektif, mengapa metode metode demonstrasi merupakan metode mengajar yang efektif? Hal itu karena metode menggunakan alat peraga atau media dalam proses belajar. Sehingga murid dapat melihat secara visual bukan hanya mendengar penjelasan dari guru. Dengan metode ini proses belajar akan lebih menarik karena siswa dapat mengamati secara langsung. Namun keberhasilannya juga tergantung pada gurunya, jika guru tersebut telah mempersiapkan metode tersebut yang baik serta menarik pastinya siswa juga dapat mudah memahami.

Berikut merupakan ulasan mengenai metode demonstrasi adalah untuk mempermudah proses pembelajaran agar lebih efektif, karena siswa lebih mudah memahami penyampaian materi menggunakan hal tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.