Metode Pidato Yang Dilakukan Secara Spontan Disebut Apa?

metode pidato yang secara spontan disebut

Saat upacara, apel, acara kelulusan atau kegiatan-kegiatan serupa kita seringkali mendengarkan pidato. Teman-teman pasti tahu bahwa pidato yang dilakukan biasanya dipersiapkan, baik mulai dari naskah hingga melakukan gladi bersih. Namun tahukah teman-teman bahwa terdapat metode pidato yang dilakukan secara spontan disebut apa?

Pidato sendiri adalah kegiatan berbicara menggunakan bahasa yang baik di depan banyak orang. Tujuannya adalah untuk Menyapa pendengar, memberikan suatu informasi, menghibur dan mempengaruhi atau meyakinkan pendengar, menyampaikan gagasan atau ide serta terkadang berisi nasihat-nasihat.

Umumnya naskah akan dipersiapkan terlebih dahulu, namun bagi kebanyakan orang jenis pidato spontan tanpa naskah disebut yang paling sulit. Mari ketahui apa alasannya.

Metode Pidato ada Berapa?

pidato spontan tanpa naskah disebut

Terdapat beberapa metode yang dilakukan dalam melakukan aktivitas ini, termasuk metode pidato yang dilakukan secara spontan disebut apa akan kita bahas bersama. Secara umum terdapat 4 metode, namun sebelum masuk ke macam-macamnya mari kita pelajari struktur naskahnya :

1. Bagian pembuka

Pada bagian ini berisi salam pembuka, ucapan-ucapan penghormatan kepada beberapa orang yang memiliki jawaban yang tinggi, ucapan syukur dan pengantar menuju topik utama.

Dalam memulainya, seseorang harus mengeluarkan karakter atau kesan yang kuat dalam memulainya. Hal ini agar pendengar menjadi mendengarkannya dengan serius.

Terdapat beberapa tips pada bagian pembuka, yaitu :

  • Curilah perhatian semua orang
  • Melakukan komunikasi dua arah dengan pendengar (agar pendengar memfokuskan pada pembicara)
  • Tunjukkan bahwa pidato layak untuk didengarkan
  • Memberitahukan tujuan yang ingin dicapai
  • Memberitahukan hal-hal pokok agar pendengar mudah memahami

2. Bagian isi

Pada bagian ini merupakan isi dari apa yang ingin sampaikan. Dengan menggunakan bahasa yang baik, logis, tersusun rapi dan terpercaya membuat pendengar akan tertarik dan mengikutinya dengan baik.

3. Bagian penutup

Bagian ini berisi kesimpulan dan kata-kata penutup yang berupa ucapan terimakasih, permintaan maaf, meminta saran dan semacamnya.

Metode pidato ada berapa?

Berdasarkan jenisnya, terdapat 3 macam jenis-jenisnya sebagai berikut :

  1. Pidato kenegaraan
    Pidato ini biasanya dilakukan oleh kepala negara, baik dalam pidato resmi maupun di depan DPR atau MPR
  2. Pidato pengukuhan
    Jenis ini dilakukan secara langsung pada suatu acara atau pengukuhan tertentu
  3. Pidato radio atau televisi
    Pidato yang disiarkan melalui radio atau televisi

Pada umumnya kita melakukannya dengan metode ekstemporan dan memoriter. Pada jenis naskah biasanya dilakukan oleh orang-orang tertentu yang naskahnya disiapkan oleh orang lain seperti sekretari. Sedangkan pada jenis impromptu, biasanya dilakukan oleh pembina kegiatan dan semacamnya.

apa yang dimaksud metode ekstemporan

Namun apa yang dimaksud metode ekstemporan dan ketiga jenis lainnya. Berikut penjelasannya :

1. Ekstemporan

Apa yang dimaksud dengan metode ekstemporan? Metode ini dengan menyiapkan naskah terlebih dahulu, mulai dari menyiapkannya konsep secara garis besar melalui catatan kecil

2. Naskah

Jenis ini seseorang yang akan berbicara dengan membaca naskah yang telah disiapkan sebelumnya baik oleh pihak penyelenggara, sekretaris atau pihak lainnya

3. Memoriter

Teman-teman tentu mengetahui metode ini, karena sering digunakan sebagai pengambilan nilai saat bersekolah. Hal ini akan dilakukan dengan menghafal naskah terlebih dahulu sehingga memerlukan waktu lebih untuk melakukannya dengan baik

4. Impromptu

Pidato spontan tanpa naskah disebut impromptu. Tanpa adanya persiapan sehingga metode ini dilakukan secara spontan. metode pidato yang dilakukan secara spontan disebut jenis yang paling sulit dilakukan apabila tidak memiliki kemampuan atau pengalaman dalam berpidato. Namun akan menjadi lebih mudah apabila sudah terbiasa.

Sehingga jika ditanya metode pidato ada berapa atau metode pidato yang dilakukan secara spontan disebut apa, tentu teman-teman sudah dapat menjawabnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.