Multikulturalisme Adalah Pandangan Yang Dimiliki Indonesia! Apa Arti Multikulturalisme?

Multikulturalisme adalah

Multikulturalisme adalah pandangan tentang keanekaragaman perbedaan budaya, suku, kelompok sosial dalam kehidupan bermasyarakat, tanpa mengenal perbedaan apapun sebagai kesediaan menerima budaya dari daerah lain. Indonesia adalah negara yang mempunyai berbagai macam suku bangsa, ras, dan agama, walaupun berbeda tetap bersatu untuk satu tujuan.

Multikulturalisme adalah

Jika menurut para ahli yakni C.W. Watson, multikulturalisme adalah masyarakat suatu negara, daerah, wilayah lokasi geografis yang terdiri ataas individu yang memiliki kebudayaan berbeda-beda dalam kesederajatan. Sekilas hampir mirip dengan Indonesia, benarkan? Disini, saya akan membahas tentang multikulturalisme.

Apa Yang Dimaksud Dengan Multikulturalisme?

Apa Yang Dimaksud Dengan Multikulturaslisme?

Banyak berbagai pendapat tentang arti multikulturalisme, di Indonesia sendiripun memiliki keragaman dari suku bangsa, ras, agama, adat tradisional dan sebagainya. Pentingnya multikulturalisme yakni hanya dengan persatuan dan kesatuan dalam bermasyarakat. Jadi bisa disimpulkan, Apa yang dimaksud dengan multikulturalisme?

Multikulturalisme adalah sebuah ideologi untuk masyarakat yang hidup berdampingan dengan perbedaan budaya, didasari atas persatuan tanpa membedakan apapun agar terjalin kerjasama yang erat sehingga menciptakan toleransi antar budaya daerah.

Apa Yang Dimaksud Dengan Multikulturalisme?

Apa Yang Dimaksud Dengan Multikulturaslisme?

 Bentuknya ada  5 macam, yaitu :

  1. Etnosentrisme 

Etnosentrisme adalah bentuk yang beranggapan dalam sebuah kelompok sosial yang membanding-bandingkan hanya kelompoknyalah lebih unggul dari yang lain. Bisa kita katakan sebagai sikap yang sombong dalam berkelompok.

  1. Interseksi 

Interseksi merupakan pertemuan satu sama lain antar kelompok yang berupa suku, agama, jenis kelamin dan sebagainya dalam membentuk suatu komunitas persatuan tertentu.

  1. Primordialisme

Primordialisme adalah sebuah pemahaman tentang keteguhan atau keyakinan dalam berbagai hal yang sudah mendarah daging dari sejak kecil.

Tetapi sikap ini perlu berhati-hati karena dapat terpengaruh oleh Etnosentrisme, yang mana orang akan cenderung sulit menerima pemahaman lain tentang perbedaan budaya mereka.

  1. Politik aliran

Politik aliran merupakan suatu kelompok yang mendapat dukungan dari masyarakat. Contoh seperti partai politik dan pemilihan umum, guna untuk menyatukan dan mensejahterahkan masyarakat. Seperti politik pada umumnya

  1. Konsolidasi

Konsolidasi hampir sama dengan primordialisme, yang dimana suatu kelompok mempunyai keyakinan yang kuat melekat ada pada diri sendiri.

Itu adalah pembahasan tentang Apa saja bentuk-bentuk multikultural? dari sini kita bisa mengetahui, sebenarnya kita sendiri dalam bentuk masyarakat multikulturalisme yang mana, jangan sampai kita memiliki bentuk sifat seperti Etnosentrisme.

Apa Saja Ciri Masyarakat Multikulturalisme di Indonesia?

Apa Saja Ciri Masyarakat Multikulturalisme di Indonesia?

Multikulturalisme adalah sebuah pendangan tentang keberagaman budaya yang tidak mengenal perbedaan dari segi budaya, ras, suku, agama yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, apa saja ciri masyarakat multikultural di Indonesia? yuk simak penjelasan berikut ini:

  • Telah mensepakati tentang nilai dan norma yang berlaku
  • Integrasi sosial tumbuh dalam kelompok sosial yang lain
  • Integrasi masyarakat yang berbeda dari segi budaya dari kelompok lain
  • Memiliki kebudayaan lebih dari satu
  • Sering kali terjadinya dominasi sosial budaya, politik dan ekonomi
  • Banyaknya terjadi dominasi politik terhadap kelompok lain
  • Dalam berkelompok, pastinya sering terjadi perdebatan dari segala konfilk

Ada beberapa contoh dari masyarakat yakni:

  • Ketika ada perayaan agama lain kita harus menghormatinya, tidak boleh menggangu
  • Tidak boleh mengolok atau menyinggung agama lain
  • Mengahargai antar umat beragama. Indonesia mempunyai macam 6 agama yang harus kita hormati satu sama lain
  • Ketika ada kegiatan kerja bakti, sebagai warga harus turut andil dalam kegiatan tersebut

Demikian penjelasan materi tentang Multikulturalisme adalah, beserta beberapa penjelasan mengenai bentuk, ciri-ciri dan contoh masyarakat multikulturalisme.

Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.