Nama Latin Jambu Air Adalah? Mari Kita Simak!

Nama Latin Jambu Air

Nama latin jambu air yaitu syzygium aqueum. Jambu air adalah tanaman yang termasuk ke dalam jambu – jambuat atau disebut myrtaceae.

Di Indonesia buah jambu ini sudah tidak asing karena banyak di jumpai di pinggir jalan atau di pekarangan rumah. Selain Nama latin jambu air, dalam bahasa Inggris jambu air disebut dengan water apple.

Jambu air mempunyai berbagai macam nama di berbagai daerah selain nama latin jambu air. Di Madura jambu air disebut dengan jambu wir,

di Jawa disebut dengan jambu wer, dan di Malaysia disebut dengan jambu ayer mawar. Buah jambu mempunyai banyak sekali spesies atau jenis buah.

Namun pada umumnya buah jambu terdiri dari dua spesies, yaitu jambu air kecil dengan Nama latin jambu air syzygium aqueum, dan buah jambu air besar dengan Nama latin jambu air syzygium samara ngense.

Jambu air merupakan buah yang memiliki rasa asam, manis, dan segar. Buah ini banyak tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Dengan banyaknya jumlah pohon jambu di Indonesia akan membuat harga buah jambu terjangkau.

Pohon jambu memiliki tinggi sekitar 3 sampai 10 meter. Batang kayu dari pohon jambu ini memiliki struktur kuat dan keras, bertekstur kasar, berwarna kecoklatan, dan terdapat bercak coklat.

Kerangka bunga di pohon jambu ini biasanya muncul di ujung ranting. Buah jambu air ini memiliki bentuk kerucut seperti lonceng dengan warna hijau saat belum matang dan berwarna merah ketika sudah matang dan siap untuk di konsumsi.

Jambu air memiliki biji yang menyerupai jantung dan dibalut dengan selaput putih, namun ada juga yang tidak memiliki biji atau bahkan memiliki biji kecil.

Jambu air tidak hanya bisa untuk dimakan langsung, tetapi bisa juga dijadikan sebagai asinan atau pun rujak. Daun jambu air adalah salah satu bagian dari pohon jambu air.

Jambu air memiliki daun yang termasuk jenis daun tunggal.

Apa Ciri – Ciri Jambu Air?

Apa Ciri - Ciri Jambu Air?

Mungkin sudah banyak yang tahu apa ciri – ciri jambu air? Jambu air mempunyai anatomi dan ciri – ciri yang berkaitan dengan pohon, daun, cabang, buah, bunga, dan akar. Daun jambu air berbentuk bulat dan agak panjang dengan bagian ujung yang runcing.

Cabang jambu air cukup banyak mulai dari batang permukaan tanah sampai ke bagian atas pohon.

Bunga jambu air tumbuh pada ranting yang tersusun dan bunganya mirip dengan cangkir dan saat mekar menebarkan aroma yang harum.

Buah jambu air cukup beragam memiliki bentuk bulat dan memanjang seperti lonceng. Akar jambu air menyebar ke segala arah dan memiliki daya jangkau cukup dalam.

Jambu Air Termasuk Kelas Apa?

Jambu Air Termasuk Kelas Apa?

Jambu air termasuk kelas apa? Yuk kita simak! Jambu air termasuk ke dalam ordo myrtales. Spesies jambu air berturut – turut adalah syzygium dan aguenia aquesa. Dengan klasifikasi ini maka anda akan mengerti secara detail asal usul jambu.

Apa yang dimaksud Dengan Jambu Air?

Apa yang dimaksud dengan jambu air? Yuk simak berikut ini! Jambu air adalah tumbuhan yang termasuk ke dalam suku jambu – jambuan yang berasal dari Asia tenggara. Di negara lain jambu air di kenal dengan machom phupa.

Nama – nama lain dari jambu air yaitu jambu cai, jambu ale, jambu wer, kalampok, nyambu er, kumpasa, kumpas, kembes, kombas, jambu jene, jambu waelo, jambu salo, kuputol waelo, kopo olo, dan juga jambu ayer mawar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.