Obat Untuk Mengeluarkan Dahak, Terampuh! Anti Nipu!

Obat untuk mengeluarkan Dahak

Batuk berdahak adalah penyakit yang sering terjadi pada masyarakat. Umumnya, infeksi virus atau bakteri yang menjadi penyebabnya.  Ketika terjadi infeksi pada saluran pernapasan, tubuh akan memproduksi banyak lendir. Tujuan dari lendir ini adalah untuk menjebak dan mengeluarkan organisme penyebab infeksi, salah satu caranya adalah melalui dahak yang kita keluarkan dari batuk. Obat untuk mengeluarkan dahak ada yang dengan cara mengonsumsi bahan alami dan ada juga yang kimiawi. Cara kerja dari kedua obat untuk mengeluarkan dahak ini sama, yaitu dengan cara mengencerkan dahak yang ada di dalam tubuh. Dengan dahak yang encer, maka dahak tersebut akan mudah untuk keluar melalui batuh, dan infeksi dari bakteri atau virus itu pun dapat teratasi.

Minum apa agar Dahak Keluar?

Minum apa agar Dahak Keluar?

Lalu, untuk menyembuhkan penyakit batuknya, harus minum apa agar dahak keluar? Salah satu yang paling umum dan mudah untuk diminum adalah minuman hangat. Minuman hangat seperti air putih hanyat, sup kaldu tulang, ataupun teh dapat membant mengencerkan dahak.

Air garam hangat sangat efektif juga untuk mengeluarkan dahak yang menggumpal di sekitar tenggorokan. Jika kita meminum minuman hangat selama beberapa hari, lama-kelamaan dahak yang terjebak di tubuh kita akan keluar dengan mudah. 

Madu juga meruapakan salah satu obat alami yang dapat diminum untuk mengeluarkan dahak. Madu sangat direkomendasikan untuk mengeluarkan dahak pada anak-anak.

Selain dari rasanya yang enak dan manis, madu juga efektif menyembuhkan gejala batuk dan radang tenggorokan jika dikonsumsi secara rutin. Jika dahak sangat mengganggu, mencampurkan teh hangat dan madu juga terbukti efektif. Untuk memberi sensasi segar, dapat juga menambahkan perasan lemon. Akan tetapi, anak-anak usia di bawah satu tahun tidak boleh mengonsumsi obat ini, karena dapat berisiko mengalami botulisme.

Obat apa untuk mengeluarkan Dahak?

Minum apa agar Dahak Keluar?

Kalao begitu, kalau mau pakai obat, obat apa untuk mengeluarkan dahak? Ada dua jenis obat pengencer dahak yang umum, ekspektoran dan mukolitik. Perbedaannya adalah ekspektoran tidak terikat dengan resep dokter, sedangkan mukolitik wajib menggunakan resep dokter.

Kedua obat ini sama-sama bertujuan untuk mengencerkan dahak, tetapi obat mukolitik (bromhexine) bekerja dengan cara menghancurkan ikatan kimia pada lendir dahak sehingga viskositasnya menurun, dengan kata lain menjadi lebih encer, sehingga lebih mudah dikeluarkan melalui batuk.

Obat Dahak di Apotik

Obat Dahak di Apotik

Kelompok obat mukolitik dan ekspektoran adalah obat yang sering direkomendasikan dan ditulis oleh dokter saat kita memiliki infeksi pada sistem pernapasan. Bahan kimia yang berperan sebagai ekspektoran adalah guaifenesin dan potassium iodide.

Mentol, ivy leaf extract, uap, dan madu juga merupakan ekspektoran secara alami dalam penyembuhan batuk berdahak. Umunya, contoh mukolitik adalah acetylcysteine, bromhexine, ambroxol, dan carbocisteine. Semua produk obat dahak di apotik memiliki kandungan yang berperan sebagai mukolitik dan ekspektoran.

Oleh karena itu, obat-obat seperti ini selalu ada dalam resep dokter sebagai obat untuk mengeluarkan dahak. Contoh-contoh obat untuk mengeluarkan dahak dalam apotik adalah sebagai berikut.

  1. Woods Expectorant
  2. Bisolvon Extra
  3. Siladex Mucolytic & Expectorant
  4. OBH Combi Batuk Berdahak
  5. Komix OBH

Masih ada banyak lagi merek-merek obat batuk dahak yang tersedia dalam apotik. Karena penyakit batuk berdahak yang sangat umum, harga obat-obat ini juga relatif murah. Harga obat-obat ini berkisar dari Rp14.000 hingga Rp50.000. Bentuk dari obat-obat ini juga adalah tablet yang ditelan langsung ke dalam mulut, sehingga mudah untuk dikonsumsi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.