Orang Pandai Selalu Mengikuti Pelajaran Dengan Apa?

Orang Pandai Selalu Mengikuti Pelajaran Dengan

Apakah teman-teman terkadang bingung bagaimana sih teman bisa cepat dan mudah mengerti pelajaran? Pertama-tama, yang kamu lakukan bila kurang paham pelajaran adalah apa sih? Bila tidak ada, marilah kita melihat dan kita perhatikan cara orang orang pandai selalu mengikuti pelajaran dengan bagaimana.

Pendidikan di Indonesia telah ada di dalam PP No. 47 Tahun 2008, peraturan ini menegaskan bahwa setiap orang harus mengikuti wajib belajar selama 12 tahun.

Bagi negara Indonesia belajar adalah hal yang sangat penting, untuk kita sendiri juga penting dan akan membantu kita di banyak hal. Hal paling mudahnya adalah kita tidak mudah terbohongi dan ilmu akan membantu kita di dalam kehidupan sehari-hari.

Berani Bertanya akan Melatih Banyak Hal

Berani Bertanya akan Melatih Banyak Hal

Terkadang pasti kita menemui mengapa orang-orang lebih pintar bukan? Salah satu cara yang mereka gunakan adalah bertanya loh, dalam bertanya memerlukan keberanian tersendiri. Namun jika teman-teman berani untuk bertanya, maka teman-teman akan mendapatkan banyak manfaatnya seperti :

  • Melatih keberanian mengungkapkan perasaan atau pendapat
  • Guru akan menjelaskan kembali
  • Melatih jika kepemimpinan
  • Menjadi pribadi yang lebih terbuka

Inilah lebih lengkapnya tentang orang pandai selalu mengikuti pelajaran dengan cara berikut:

1.) Membuat peta konsep (mind map)

Dengan membuat peta konsep, teman-teman akan menjadi lebih mudah dalam belajar, terutama di dalam pelajaran-pelajaran tertentu. Peta konsep akan membuat kita lebih cepat memahami pelajaran dan meningkatkan kreatifitas.

2.) Membuat catatan kecil atau menandai hal penting

Orang pandai selalu mengikuti pelajaran dengan cara ini. Setiap materi yang guru telah jelaskan pasti terselip hal-hal yang sangat penting untuk kalian ingat sehingga mencatatnya menjadi catatan kecil atau menandainya akan sangat membantu kita terlebih saat akan mengikuti ujian. Lebih mudah bukan mempelajari catatan kecil atau yang sudah kalian tandai daripada membaca ulang semua materi.

Jika kita ketinggalan pelajaran karena sakit, cara ini juga sangat efektif untuk mengejar materi. Kita bisa bertanya kepada guru atau teman kita, berani bertanya akan melatih keberanian dan cara berbicara kita juga sehingga kita dapat memiliki manfaat lebih

3.) Perbanyak latihan soal

Latihan soal pasti tidak begitu kalian sukai karena tentu ada rasa malas dalam mengerjakan soal. Namun teman-teman harus tau bahwa latihan soal memberikan dampak tersendiri, mulai dari membuat kita terbiasa mengerjakan soal hingga materi yang kita pahami bisa kita aplikasikan di dalam soal. Karena banyak murid yang hanya memahami materi namun saat mengerjakan soal tidak bisa sama sekali.

4.) Berdiskusi (Brainstorming)

Cara terakhir adalah brainstorming atau bahasa mudahnya berdiskusi. Tentu bosan bukan jika kota hanya menatap buku dalam waktu yang sangat lama dan monoton. Orang pandai selalu mengikuti pelajaran dengan cara ini bersama teman-teman lainnya yang mereka rasa dapat dengan baik lalu ajak berdiskusi.

Berdiskusi juga dapat memperluas pengertian kita dan akan menambah wawasan kita serta mengetahui bagaimana sih cara mereka belajar atau memahami materi itu.

Bertanya Jika Tidak Mengerti, Bila Kita Sering Bertanya Ilmu Akan Mudah Dimengerti

Bertanya Jika Tidak Mengerti, Bila Kita Sering Bertanya Ilmu Akan Mudah Dimengerti

Ini adalah cara yang paling mudah namun sangat banyak murid tidak mau melakukan cara ini. Padahal bila kita sering bertanya ilmu atau materi yang kita tidak pahami, maka guru akan mengulangi pelajaran atau menjelaskannya bagian yang tidak dimengerti.

Mungkin saja alasan terbesar banyak murid tidak ingin bertanya padahal belum mengerti karena gengsi, namun tentu lebih malu lagi bukan jika hanya dirinya sendiri yang mendapatkan nilai jelek.

Bila kita sering bertanya ilmu tidak hanya membuat kita bisa mendapat penjelasan ketika tidak mengerti, namun bisa membuat kita menjadi lebih berani dan mau mengatakan apa yang kita rasakan kepada orang lain (speak up).

Sudah kita simak orang pandai selalu mengikuti pelajaran dengan cara apa? Nah bagaimana dengan kalian, setelah menyimak yang kamu lakukan bila kurang paham pelajaran adalah apa?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.