Orang Skeptis, Apa Itu Skeptis?

Apa Itu Skeptis

Teman-teman pernah merasakan curiga terhadap suatu hal? Bisa jadi teman-teman mengalami skeptis loh. Apa itu skeptis? dan mengapa orang menjadi skeptis? Mari cari tahu bersama

Skeptis Itu Apa Artinya

Skeptis Itu Apa Artinya

Hal tersebut adalah perasaan curiga atau mempertanyakan terhadap suatu hal yang dialami oleh seseorang. Perasaan tersebut muncul ketika seseorang yang mengalaminya meyakini bahwa segala hal tidaklah pasti.

Apa itu skeptis menurut ilmu filsafat adalah perasaan yang meragukan ilmu-ilmu yang telah dipelajari dan diajarkan turun temurun oleh umat manusia. Orang yang mengalaminya berpikir bahwa sesuatu yang terjadi di masa lampau tidaklah pasti

Apa itu skeptis menurut ilmu psikologi adalah perasaan yang meragukan orang lain, pendapat orang lain dan cenderung meremehkan orang lain. Biasanya seringkali menimbulkan konflik dengan orang lain.

Apa itu skeptis menurut ilmu sosiologi adalah perasaan ragu terhadap orang lain yang mempengaruhi interaksi orang tersebut dengan sesamanya.

Mengapa Orang Menjadi Skeptis?

Mengapa Orang Menjadi Skeptis?

Terdapat beberapa alasan yang menjadi alasan seseorang menjadi seperti itu, yaitu:

  • Pernah ditipu
  • Pernah dikhianati
  • Pengaruh dari interaksi baik dengan teman, keluarga, lingkungan, dll
  • Terpengaruh ajaran tertentu

Perasaan skeptis dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut uraiannya :

1. Docmatic Skepticism

Jenis ini membuat orang beranggapan bahwa semua hal yang ada di dunia ini tidaklah benar. Hal ini dikarenakan semua yang telah manusia pahami adalah kekeliruan.

2. Pyrrhonian Skepticism

Jenis ini menganggap semua hal tidak mungkin menjadi pasti.

3. Empiricist Foundationalism

Jenis ini beranggapan bahwa tidak ada pengetahuan yang pasti. Yang pasti adalah apa yang dirasakan oleh indera manusia.

4. Rasionalist Foundationalism

Jenis ini berlawanan dengan Empiricist Foundationalism, menurut jenis ini bahwa akal adalah sesuatu yang pasti. Sedangkan indera manusia tidaklah pasti.

5. Authoritarianism

Jenis ini menganggap bahwa kebenaran hanyalah dimiliki oleh orang-orang atau kelompok-kelompok tertentu. Semua orang yang diluar dari itu tidak mengetahui dan mampu melakukan hal yang sama.

Terdapat beberapa hal-hal positif dari menjadi skeptis, yaitu :

  • Memiliki banyak pandangan terhadap sesuatu
  • Memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap sesuatu
  • Memunculkan kegiatan diskusi sehingga menciptakan interaksi dengan orang lain
  • Menjadi curiga terhadap suatu hal, sehingga mencari tahu lebih dalam dan faktanya
  • Tidak langsung mempercayai semua hal
  • Tidak memihak terhadap sesuatu
  • Membuat seseorang menjadi berpikir dengan logika, akal budi dan rasional

Apa yang dimaksud Dengan Apatis dan Skeptis?

Apa yang dimaksud Dengan Apatis dan Skeptis?

Kita telah mengetahui “itu” apa artinya pada pembahasan sebelumnya. Namun perlu diketahui bahwa hal itu berbeda dengan apatis.

Hal tersebut adalah perasaan curiga terhadap sesuatu, sedangkan apatis adalah perasaan tidak peduli, acuh tak acuh dan tidak peduli atau tidak memiliki emosi terhadap sesuatu. Sehingga skeptis masih peduli namun mencurigainya, sedangkan apatis sudah tidak peduli sama sekali.

Namun terdapat persamaan antara keduanya, biasanya latar belakang yang membuat seseorang mengalami skeptis atau apatis adalah sama, yaitu ketika mengalami dikhianati oleh seseorang atau pernah dikecewakan terutama oleh orang-orang yang dicintai atau sangat dipercaya.

Namun jika teman-teman mengalami hal tersebut, terdapat beberapa cara loh yang teman-teman dapat lakukan untuk menghilangkannya, inilah cara-caranya :

  • Menurunkan ego kita
  • Memperluas pertemanan
  • Mengubah pola pikir dengan pola pikir bahwa manusia adalah makhluk sosial, sehingga tidak ada manusia yang dapat hidup sendiri

Teman-teman telah mengetahui apa itu skeptis hingga apa yang dimaksud dengan apatis dan skeptis. Memang terkesan merupakan hal yang buruk, namun masih memiliki beberapa hal-hal baiknya. Sehingga teman-teman dapat memanfaatkan hal-hal baiknya, dan menghilangkan hal-hal buruknya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.