Osifikasi adalah Proses Pembetukan Tulang?

osifikasi adalah

Setelah lahir, sistem gerak yang dimiliki manusia adalah tulang-tulang rawan, dan seiring dengan waktu dan bertambahnya usia akan terbentuk menjadi tulang yang kuat. Pembentukan tulang atau Osifikasi adalah proses pembentukan tulang, atau biasa juga disebut dengan osteogenesis.

Apa yang Dimaksud Dengan Osifikasi?

Mengetahui pengertian singkat tentang pembentukan tulang, membuat kita ingin mengetahui lebih dalam tentang osifikasi ini. Apa yang dimaksud dengan osifikasi?

Osifikasi adalah proses pembentukan tulang. Proses ini terjadi pada bagian tengah terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan oleh bagian ujung tulang. Sebelum menjadi tulang yang kokoh, tulang manusia awalnya adalah hanya tulang rawan saat baru lahir, dan akan terjadi proses pembentukan tulang setelah lahir.

Proses ini, akan terus terjadi seumur hidup. Hal itulah yang menyebabkan jumlah tulang lunak yang tersisa tinggal sedikit saat memasuki usia lanjut.

Proses osifikasi adalah pembentukan tulang yang dilakukan oleh sebuah sel, yaitu sel osteoblas, osteoklas, dan osteosit. Sel-sel tersebut terlibat dalam pertumbuhan, perkembangan, dan juga perubahan bentuk tulang.

Bagaimanakah Proses Osifikasi pada Tulang?

Apa itu pusat osifikasi?

Setelah mengetahui jika osifikasi adalah proses pembentukan tulang, maka kita juga perlu mengetahui bagaimanakah proses osifikasi pada tulang?

Terdapat 2 tipe dari pembentukan tulang, yaitu osifikasi intramembran dan osifikasi endokondral. 2 tipe osifikasi tersebut akan dijelaskan dibawah ini.

A. Pembentukan tulang intramembran

Ini merupakan tipe pembentukan tulang yang jarang terjadi. Hal itu dikarenkan proses pembentukan tulang pada tipe ini terbatas dan terjadi pada tulang tengkorak yang rata. Proses pembentukan dengan tipe ini mudah keropos karena tulang yang terbentuk diendapkan diatara 2 membran yang berserat. Berikut merupakan langkah yang terjadi pada proses pembentukan tulang intramembran :

  • Pembentukan pusat pembentukan tulang
  • Pembentukan matriks
  • Periosteum and weaving
  • Pembentukan tulang keras

B. Pembentukan tulang endokondral

Pembentukan tulang ini adalah tipe proses pembentukan tulang yang melibatkan penggantian model tulang rawan dengan tulang biasa. Proses ini kadang terjadi pada tulang panjang, yaitu tulang tungkai dan tulang lainnya. Sebagian besar tulang ternyata terbentuk menggunakan pembentukan tulang ini. Berikut merupakan langkah yang terjadi pada proses pembentukan tulang endokondral :

1. Pembentukan periosteum collar

Pada tahap ini, Disekitar tulang rawan hialin terbentuk periosteum. kemudian, sel osteogenik dibedakan menjadi osteoblas. Sel osteoblas ini yang kemudian mengeluarkan cairan serat, yaitu protein di luar tulang rawan, disebut dengan osteoid. Hasil akhir dari tahap ini adalah terbentuknya bone collar pada bagian luar tulang rawan.

2. Pembentukan rongga

Setelah bone collar terbentuk, maka tulang rawan yang berada dipusat akan mengalami pembentukan tulang. Pusat tulang rawan ini disebut sebagai pusat pembentukan tulang utama. Kemudian, proses pengerasan tulang rawan ini mengakibatkan bagian dalam tulang rawan tidak berhasil untuk ditembuh oleh difusi nutrisi. Hal inilah yang menyebabkan bagian dalam dari tulang rawan secara perlahan mulai memburuk, lalu rongga-rongga mualai terbentuk.

3. Invasi vaskular

Selanjutnya, pembuluh darah yang ada didalam periosteum akan melewati tulang keras dari bone collar dan masuk kedalam rongga dalam tulang rawan.

4. Elongasi

Ketika pembuluh darah, osteosit, dan osteoklas terus-menerus menyerang tulang, maka poros tulang muali memanjang.

5. Osifikasi epifisis

Langkah ini hamper sama dengan invasi vascular, namun yang terbentuk bukanlah tulang keras tetapi tulang spongiosa.

Apa itu Pusat Osifikasi?

Bagaimanakah proses osifikasi pada tulang?

Setelah mengetahui proses pembentukan tulang (osifikasi), maka kita juga perlu mengetahui tentang apa itu pusat pembentukan tulang?

Pusat pembentukan tulang adalah daerah tulang rawan yang mengalami kalsifikasi atau pengerasan. Pengerasan ini awalnya terjadi pada bagian tengah tulang dan disebut dengan pembentukan tulang primer, dan kemudian pengerasan ini berlanjut ke bagian ujung tulang (epifisis). Pengerasan pada ujung tulang ini dinamakan pusat pembentukan tulang sekunder.

Demikianlah ulasan tentang osifikasi adalah proses pembentukan tulang, dan juga langkah-langkah dalam pembentukan tulang. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.