Pemerintah Daerah Provinsi Dipimpin oleh Siapa sih?

Pemerintah Daerah Provinsi Dipimpin oleh

Apakah kalian tahu pemerintah daerah provinsi dipimpin oleh siapa? Sebelumnya pemerintah daerah sendiri adalah penyelenggara sistem pemerintahan yang berfokus pada asas otonomi daerah.

Hal ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang berbunyi: Pemerintahan daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah dan perwakilan rakyat daerah.

Menurut asas otonomi daerah dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam UUD 1945.

Seperti yang kita ketahui, sistem pemerintah di Indonesia terbagi atas dua jenis, yaitu pemerintahan pusat yang dipimpin oleh Presiden, dan pemerintah daerah provinsi dipimpin oleh Gubernur. Tugas dasar dari pemerintah daerah sendiri adalah untuk meneruskan pengelolaan pemerintahan dari pemerintah pusat ke daerah-daerah.

Apakah Setiap Provinsi Dipimpin oleh Gubernur?

Apakah Setiap Provinsi Dipimpin oleh Gubernur?

Seperti yang sudah Mimin singgung sebelumnya bahwa pemerintah daerah provinsi dipimpin oleh gubernur, lalu apakah setiap provinsi dipimpin oleh gubernur? Ya, tentu saja.

Semua 34 provinsi yang saat ini ada di Indonesia dipimpin oleh gubernurnya masing-masing. Jadi, gubernur merupakan kepala pemerintahan provinsi atau pimpinan tingkat provinsi yang tugasnya menyelenggarakan pemerintahan daerah provinsi berdasarkan kebijakan yang telah disepakati bersama dengan DPRD Provinsi.

Dalam menjalankan tugasnya, gubernur dibantu oleh bupati dan walikotanya. Hal ini disebutkan didalam UU nomor 32 pasal 3 tahun 2004 yang bunyinya: pemerintahan daerah tingkat provinsi terdiri dari pemerintah daerah kabupaten atau kota yang masing-masing dipimpin oleh kepala daerahnya, untuk pemimpin daerah kabupaten disebut dengan Bupati, dan pemimpin daerah kota disebut Walikota.

Apakah Tugas Seorang Gubernur?

Apakah Tugas Seorang Gubernur?

Pada dasarnya, tugas utama seorang Gubernur adalah mengelolah daerah-daerah berdasarkan pemerintah pusat.

Namun, sebagai wakil dari pemerintah pusat untuk mengelolah daerah, tentunya tugas seorang Gubernur tidak hanya itu. Maka, apakah tugas seorang gubernur? Berikut adalah beberapa tanggung jawab dan tugas seorang gubernur, yaitu:

  1. Melakukan koordinasi urusan penyelenggaraan pemerintah di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.
  2. Melakukan koordinasi pengawasan dan juga penyelenggara tugas pembantuan di setiap daerah, mulai dari provinsi, kabupaten, hingga kota.
  3. Mengawasi serta membina jalannya pemerintahan daerah kabupaten dan kota.
  4. Memfasilitasi dan memberdayakan provinsi di wilayahnya.
  5. Melakukan evaluasi terhadap rancangan pembangunan yang ada di kabupaten dan kotanya.

Siapa yang disebut Sebagai Pemerintah Daerah Kota? Dan Apa Tugasnya?

Siapa yang disebut Sebagai Pemerintah Daerah Kota?

Berdasarkan UU nomor 32 pasal 3 tahun 2004 yang sudah Mimin sebutkan di atas tadi, siapa itu yang berperan sebagai pemerintah daerah kota? Adalah Wali kota yang cara memilihnya melalui pilkada.

Berbeda dengan pemerintah provinsi pemimpinnya adalah gubernur, pemerintah daerah kota tentunya memiliki tugasnya tersendiri. Berikut adalah tugas dari wali kota:

  1. Tugas dasarnya adalah memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang sudah ada dan teratur bersama dengan DPRD tingkat kota.
  2. Merancang kebijakan untuk menjaga serta merawat ketenangan yang ada di tengah masyarakat kota.
  3. Membuat laporan serta mengajukan Rencana Jangka Menengah Daerah (RJMD) dan Rencana Jangka Panjang Daerah (RJPD).
  4. Merancang serta menetapkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).
  5. Mewakili kota yang sedang dipimpinnya di pengadilan, baik di dalam maupun di luar.

Penutup

Setelah membaca ulasan tadi mengenai pemerintah provinsi dipimpin oleh gubernur hingga ke wali kota, Mimin harap artikel ini dapat membantu serta menambah wawasan kalian tentang hal tersebut, khususnya mengenai sistem pemerintahan di negeri kita ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.