Pencemaran Udara oleh Limbah Pabrik dapat Diatasi dengan Cara

Pencemaran Udara oleh Limbah Pabrik dapat Diatasi dengan Cara

Halo teman teman kalian pernah gak sih melihat limbah pabrik? Limbah pabrik sendiri memiliki bermacam macam jenis mulai dari Limbah padat seperti kantong, kabel listrik, plastik, dan lumpur sisa industri. Limbah cair seperti pewarna pakaian cair, limbah tempe, sisa sisa pengawet cair , dan kebocoran minyak di laut. Yang gas seperti kebocoran gas dan asap pabrik Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun atau yang biasa kita sebut dengan B3. Kali ini kita akan membahas tentang pencemaran udara oleh limbah pabrik dapat diatasi dengan cara apa sih? Tapi sebelum kesana kita terlebih dahulu harus mengerti tentang penyebabnya.

Penyebab Pencemaran Udara

Penyebab Pencemaran Udara

Setelah kita mengetahui apa saja jenis jenis pencemaran udara, kali ini kita akan membahas tentang Penyebab Pencemaran Udara. Penyebab dan dampak pencemaran udara utama selalu terkait dengan kegiatan manusia. Manusia menjadi penyebab terbesar terjadinya pencemaran udara. Tetapi tidak hanya manusia saja yang merasakan dampak dari pencemaran udara. Pencemaran udara adalah salah satu perusak lingkungan, berupa penurunan kualitas udara yang ada karena masuknya unsur-unsur berbahaya ke dalam udara atau atmosfer bumi. Contoh penyebab-penyebab pencemaran udara adalah :

  1. Pembakaran. Seperti pembakaran sampah, pembakaran kegiatan rumah tangga, kendaraan kendaraan bermotor, dan kegiatan industri industri. Polutan yang itu hasilkan antara bisa berupa asap, debu, grit (pasir halus), dan juga gas (CO dan NO).
  2. Proses pengolahan dan pemanasan.
  3. Proses Peleburan.
  4. Penggalian dan pertambangan.
  5. Pembuangan Limbah.
  6. Proses Pembangunan.
  7. Percobaan bom atom atau nuklir.

Apa yang Dimaksud Dengan Polusi atau Pencemaran Udara?

Apa yang Dimaksud Dengan Polusi atau Pencemaran Udara?

Kalian sudah tahu kan penyebab penyebab dari pencemaran udara. Sebelum kita membahas pencemaran udara oleh limbah pabrik dapat diatasi dengan cara apa, terlebih dahulu kita akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan polusi atau pencemaran udara?

Pencemaran udara adalah suatu keadaan dimana Unsur-unsur berbahaya masuk ke dalam atmosfer, unsur unsur berbahaya tersebut bisa berupa: Nitrogen dioksida (No2), karbon monoksida (CO),  chlorofluorocarbon (CFC), Hidrokarbon (HC), Benda Partikulat, Timah (Pb), dan sulfur dioksida (So2), karbondioksida (CO2).

Unsur-unsur tersebut disebut juga sebagai polutan atau jenis-jenis bahan pencemar udara. Masuknya polutan polutan ke dalam atmosfer akan menjadikan terjadinya pencemaran udara bisa disebabkan dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia. 

Hal Apa saja Yang Dapat Dilakukan untuk Menanggulangi Pencemaran Udara?

Hal Apa saja Yang Dapat Dilakukan untuk Menanggulangi Pencemaran Udara?

Setelah kita mengerti apa itu polusi dan pencemaran udara, kali ini kita akan membahas Hal Apa Saja Yang Dapat Dilakukan Untuk Menanggulangi Pencemaran Udara? Terdapat banyak cara untuk menanggulangi pencemaran udara terutama yang berasal dari limbah pabrik.

Pencemaran udara oleh limbah pabrik dapat diatasi dengan cara menyaring limbah cair dahulu sebelum dibuang di sungai. Limbah cair merupakan hasil buangan suatu industri dalam bentuk cairan mengandung zat kimia yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan.

Limbah cair atau polutan yang dihasilkan suatu industri harus diolah dengan baik agar tidak melewati batas baku mutu yang sudah ditetapkan oleh pemerintah agar aman untuk lingkungan dan juga kesehatan warga di sekitarnya.

Penutup

Pencemaran udara memanglah sesuatu yang sangat merugikan lingkungan, bukan hanya lingkungan saja tetapi makhluk hidup yang ada di dalam lingkungan tersebut.

Kita tahu bahwa pencemaran udara oleh limbah pabrik dapat diatasi dengan cara limbah dari pabrik haruslah disaring terlebih dahulu sebelum dibuang di sungai, sekian artikel dari saya semoga dapat membantu kawan kawan sekalian, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.