Pengertian Apa Itu Religi Beserta Contohnya

Apa Itu Religi

Religi memiliki dua arti, yakni dapat digunakan untuk kata benda atau kata nomina. Kata tersebut dapat ditujukan pada nama tempat, nama seseorang, nama benda, dan sebagainya. Apa itu religi dapat dikatakan sebagai arti dari kepercayaan kepada tuhan.

Selain dari kepercayaan kepada tuhan, apa itu religi digunakan kata benda sebagai kepercayaan atas adanya tuhan dan kepercayaan agama (termasuk animisme dan dinamisme). Religi mengacu kepada kepercayaan agama. Di Indonesia menganut kepercayaan 6 agama yakni Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Indonesia memiliki kepercayaan agama lebih banyak daripada negara lain. Apa itu religi adalah suatu perbedaan yang terlihat jelas sebagai lambang kepercayaan agama pada diri sendiri.

Kata tersebut merupakan salah satu perbedaan yang signifikan sebagai agama yang dianut di negara Indonesia. Walaupun berbeda agama, masyarakat tetap bersatu teguh agar membentuk rasa saling peduli, rasa kasih sayang dan persatuan kesatuan antar beda agama.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kata Religi?

Apa Yang Dimaksud Dengan Kata Religi?

Apa yang dimaksud dengan kata religi? Religi yakni suatu keyakinan yang dianut di dalam diri seseorang dan menjadi sebuah pedoman ajaran terhadap kehidupannya. Dengan adanya kata tersebut, menambah rasa kepercayaan tinggi kepada Allah agar tidak ketakutan dengan kehidupan.

Misalnya, seperti kondisi kaya, miskin, susah, senang, sakit, dan sehat sudah ada yang mengaturNya, diluar kehendak kita. Mayoritas penduduk di Indonesia memiliki kepercayaan agama masing-masing, terutama agama Islam.

Setiap keyakinan yang dianut dapat membawa berkah bagi kehidupan, seperti dapat mengajarkan manusia untuk tetap berbuat kebaikan, berbudi luhur, saling berbagi, saling tolong menolong jika tertimpa musibah, memiliki rasa peduli dan kasing sayang.

Contoh Religi

Contoh Religi

Setiap keyakinan atau agama memiliki tempat ibadah dan cara berdoa yang berbeda-beda. Berikut contoh religi yang ada di Indonesia :

  • Islam (Masjid)

Masjid merupakan tempat ibadah bagi agama Islam. Memiliki ciri khas pada bentuk bangunan seperti kubah. Didalamnya terdapat mimbar pengimaman, kaligrafi Arab, dan tempat khatib khutbah. Beda dengan agama yang lain, Islam membedakan tempat

antara pria dan pria. Jadi, tidak boleh bergabung menjadi satu.

  • Kristen Katolik (Gereja)

Ciri utama yang dimiliki bangunan gereja Katolik yakni membentuk sudut lancip yang menghadap ke atas dan disertai dengan lambang salib. Berbeda dengan protestan, di dalam gereja Katolik terdapat patung Yesus Kristus.

  • Kristen Protestan (Gereja)

Kedua agama tersebut memiliki tempat ibadah yang sama yakni gereja. Ciri utama dari bangunan tersebut yakni terdapat lambang salib di bagian atas luar bangunan.

  • Hindu (Pura)

Agama Hindu termasuk agama tertua di Indonesia, karena memiliki sejarah yang panjang pada masa pemerintahan kerajaan, sebelum diganti menjadi pemerintahan kepresidenan. Hindu memiliki pengikut yang banyak di daerah pulau Bali. Pura memiliki ciri khusus dengan bangunan yang terbuka dan dikelilingi tembok serta ukiran.

  • Buddha (Vihara)

Vihara biasanya disebut dengan kuil. Bentuk ciri khas bangunan vihara dengan tempat ibadah agama Konghucu hampir sama. Buddha adalah agama berasal dari negara India.

  • Konghucu (Klenteng)

Ciri bangunannya yakni bergaya khas bangunan Tiongkok atau ala China. Asal muasal agama ini sampai ke Indonesia, karena ketika zaman dulu banyak orang Tionghoa merantau ke Indonesia sebagai pencari rempah-rempah untuk pengobatan dan bahan dasar makanan sehari-hari.

Agama Adalah

Agama Adalah

Apa itu religi atau agama adalah keyakinan tentang adanya Allah, serta dapat mengatur kepercayaan dan perilaku seseorang, karena di dalamnya berisi tentang aturan yang dianut untuk memperbaiki jati diri menjadi kepribadian yang lebih baik.

Setiap agama memiliki ajaran yang berbeda, tentunya pasti akan mengarah ke hal kebaikan. Dengan memiliki tujuan yakni mencari kebahagiaan hidup di dunia serta di akhirat, sebagai bekal di kehidupan selanjutnya.

Sekian dari artikel mengenai apa itu religi yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan salam sejahtera bagi kita semua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.