Pengertian dan Contoh Kalimat Apa Itu Formalitas

Apa Itu Formalitas

Banyak orang tidak mengetahui arti kata formalitas, padahal hal tersebut telah kita gunakan sehari-hari serta sikapnya juga. Apa itu formalitas adalah perilaku serta kelakuan yang menjadi hal kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Kita menggunakan bahasa Indonesia setiap harinya, tetapi tetap saja tidak mengetahui beberapa kata arti di dalamnya. Makna dari apa itu formalitas yakni perilaku yang tidak terlalu ketat dengan norma yang ada.

Akhir-akhir ini banyak ditemukan kata yang jarang digunakan termasuk formalitas. Sehingga membuat kita tidak mengetahui maksud artinya. Jika kita tidak mengetahui artinya, langsung saja search di Google, dengan begitu kita cepat menemukan apa yang dibutuhkan.

Penggunaan kata tersebut dapat ditemui di berbagai macam sosial media seperti Instagram sebagai caption foto, Facebook, Twitter, Line dan masih banyak lagi aplikasi lainnya.

Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Formalitas?

Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Formalitas?

Apa sih yang dimaksud dengan formalitas? Formalitas adalah tata cara, kebiasaan dan prosedur yang kita gunakan sehari-hari. Dengan mengetahui hal tersebut, dapat mempermudah berkomunikasi dengan orang lain dan dapat menyampaikan apa yang kita ingin bicarakan.

Seperti itulah penjelasan tentang definisi apa itu formalitas. Kadang kita tanpa sadar telah menggunakan kata tersebut setiap waktu. Hanya pengucapan saja, tapi tidak mengetahui makna sebenarnya.

Kata tersebut memiliki dua arti yakni dapat digunakan sebagai kata benda atau kata nomina. Kalimat tersebut memiliki ejaan pelafalan yang berbeda-beda setiap arti dan kalimat. Kata apa itu formalitas, dapat mengacu pada nama tempat, benda bahkan nama seseorang.

Apa Lawan Kata Formalitas?

Apa Lawan Kata Formalitas?

Apa lawan kata formalitas?  Setiap kata pasti memiliki sinonim dan antonimnya, sesuai dengan arti dan kalimat kata tersebut. Jadi, lawan kata formality atau antonimnya yakni spontanitas, ketidakteraturan, improvisasi, ortodoks, penyimpangan, kekasaran, kecerobohan, dan masih banyak lagi antonimnya.

Ada banyak makna sinonim dari kata tersebut yakni sebagai kata upacara, ritual, perayaan, tata cara, norma, kaidah tertentu, adat, etiket, kelayakan, sopan santun, sopan santun, asas, aturan yang tertera, dapat disiasati dalam hal sesuatu, kebiasaan (dapat mengacu ke kehidupan sehari-hari atau suatu kegiatan), dan masih banyak lagi sinonim kata itu.

Kata tersebut dapat digunakan misalnya formality dalam pekerjaan, hidangan makanan, rapat, musyawarah, kantor dan banyak lagi mengenai hal tersebut. Jika berasal dari formality pekerjaan, yakni bisa dikatakan sebagai pengelompokkan status pekerjaan.

Hal tersebut memiliki dua macam kategori yaitu, pekerja formal yang memiliki arti status pekerjaan yang dibayar oleh pimpinan, seperti halnya para karyawan, buruh, pegawai kantor, dan sebagainya.

Kemudian, yang kedua yakni pekerja informal. Status tersebut memiliki arti pekerja bebas, tanpa dibayar oleh siapapun atau berusaha keras sendirian.

Contoh Formalitas

Contoh Formalitas

Kata formality memiliki beberapa contoh. Berikut contoh formality dalam bentuk kalimat :

  • Membawa surat lamaran hanya sekedar formality saja, sebenarnya lamaran itu dapat dikirimkan lewat
  • Salam pembuka dan salam penutup adalah kalimat sapaan sekedar formality, untuk menghormati para hadirin yang datang.
  • Sebenarnya penggunaan seragam hanya sebatas formality tidak lebih, setelahnya diperbolehkan berpakaian seperti biasa.
  • Penggunaan ruangan meeting dan diberi beberapa macam bunga untuk hiasan, itu hanya menjadi formality biasa saja.

Nah, itulah artikel mengenai apa itu formality beserta beberapa contoh yang dapat saya sampaikan.  Untuk pencarian arti kata tersebut, informasi yang saya dapatkan hanya sedikit. Jadi, sekedarnya saja untuk menyampaikan hal tersebut. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.