Pengertian LDKM Adalah, Beserta Fungsi dan Kegiatannya

LDKM adalah

LDKM adalah kegiatan pelatihan untuk membangun jiwa kepemimpinan terhadap mahasiswa agar dapat memiliki sifat tegas, beretika, memiliki moral yang tinggi, dan dapat membangun suasana yang positif dalam organisasi yang dipimpinnya.

LDKM atau singkatan dari Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa, yang bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa sebagai seorang pemimpin yang adil, inovasi dan kreatif. Selain itu, manfaat LDKM adalah sebagai penumbuh jiwa kepemimpinan dengan sikap moral yang baik, membangun sifat intelektual, memiliki sifat dinamis, sosialisasi yang tinggi dan sebagainya.

LDKM dilatih untuk menjadi pemimpin, yang dapat mengambil keputusan yang bijak dan tepat, tidak menyinggung terhadap pihak lain dalam sebuah organisasi. Oleh karena itu, tidak mudah menjadi seorang pemimpin yang hanya bermodalkan kepandaian dan logika saja.

Apa Fungsi LDKM?

Apa fungsi LDKM?

Berikutnya membahas, apa fungsi Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa? Fungsi dari LDKM adalah sebagai seorang pemimpin harus mempunyai tanggung jawab yang tinggi, dapat menjaga amanah dengan penuh kesungguhan, tidak mengejar kepentingan pribadi (ingin terkenal melalui organisasi dan sengaja menjadi leader agar dipandang lebih) dan yang terpenting yakni memiliki loyalitas dan sosial yang tinggi.

Menjadi pemimpin harus dapat memahami dan mengenali apa yang dibutuhkan para anggotanya, memiliki rasa kepedulian antar anggota serta warga para mahasiswa dan tetap menjalankan visi dan misi sesuai aturan yang telah berlaku.

Kegiatan LDKM Apa Saja?

Kegiatan LDKM apa saja?

LDKM tidak hanya diajari sekedar materi saja, tetapi disertai beberapa kegiatan agar menunjukkan dia layak untuk dijadikan seorang pemimpin di kesempatan berikutnya. Kira-kira, kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa apa saja? yang dapat dilakukan untuk menunjukkan sebagai pemimpin.

Yang pertama yakni LDKM secara materi. Kegiatan ini mengajarkan pelatihan tentang PBB/ Pelatihan Baris Berbaris seperti baris tingkat rendah, menengah, tinggi dan Uji test PBB. Tujun kegiatan fisik ini dilakukan untuk menjaga kedisiplinan dan ketanggapan peserta.

Yang kedua yakni LDKM secara mental. Pelatihan mental termasuk kedalam uji LDKM yang bertujuan untuk mengasah ketrampilan komunikasu, cara penyelesaian masalah dan kekompakan dalam berorganisasi.

Kegiatannya terdiri dari outbound alam, travel atau mendaki bukit, berbagai macam permainan secara berkelompok, menyusuri sungai bersama team dan saling tolong menolong jika salah satu anggota mengalami kesulitan.

Apakah LDKM Itu Wajib?

Apakah LDKM itu wajib?

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa menjadi salah satu tujuan untuk mahasiswa sebagai tempat refreshing, karena selain pembelajaran mengenai materi, ada kegiatan outbound juga. Apakah LDKM itu wajib? Tidak perlu ditanyakan lagi, jika kalian ingin menjadi seorang pemimpin di organisasi kemahasiswaan, pastinya menjadi syarat wajib untuk mengikutinya.

LDKM adalah latihan untuk meningkatkan skill dalam memimpin. Kegiatan ini bisa dilakukan secara indor maupun outdoor. Manfaat Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa beragam, selain yang telah disebutkan diatas ada juga sebagai berikut ini :

  • Sebagai pelatihan rasa percaya diri

Dalam kegiatan akan dilatih tentang kepercayaan diri seperti menyampaikan presentasi tentang pentingnya kepemimpinan didepan para mahasiswa yang lain dan juri penilaian.

  • Sebagai sarana pengembangan jati diri

Mengikuti kegiatan ini dapat menjadikan sebuah wawasan untuk bekal dimasa depan nanti. Ketika kalian menjadi pemimpin organisasi, usahakan generasi di masa itu menjadi generasi unggulan untuk diingat seluruh mahasiswa, ysng terbukti kepepimpinanmu telah diakui oleh warga kampus.

  • Belajar cara untuk menyelesaikan permasalahan

Dalam kegiatannya, ada kegiatan permainan yang diminta agar kalian dapat menyelesaikan masalah pada permainan tersebut. Sebagai ketua anggota, harus mencari cara untuk memenangkannya dan menyelesaikan permainan dengan baik.

 

Demikian artikel mengenai pengertian LDKM adalah, beserta fungsi dan kegiatannya. Semoga dapat bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.