Penjelasan Perbedaan Metode dan Metodologi

perbedaan metode dan metodologi

Perbedaan metode dan metodologi perlu diketahui, karena masih banyak orang yang mengira kedua hal tersebut sama maknanya, padahal jelas sekali berbeda. Mengapa hal itu perlu diketahui? Karena sebagai pembeda untuk para peneliti yang mempelajari ilmu tentang karya ilmiah.

Perbedaan metode dan metodologi mempunyai beberapa kesamaan yakni sebagai bahan dasar penelitian.Metode memiliki makna cara, sedangkan métodologi memiliki makna ilmu untuk mempelajari metode.

Metode dan metodologi mempunyai perbedaan yang terletak pada fungsi. Ada istilah, kembar tapi tak serupa. Berikut saya berikan penjelasannya. Mari simak dibawah ini.

Apa Perbedaan Antara Metode dan Metodologi?

Apa perbedaan antara metode dan metodologi?

Apa perbedaan antara metode dan metodologi? Pertanyaan ini kerap sering terjadi, yang dimana orang menganggapnya sama, hanya karena ada penambahan “logi” menjadikan perdebatan antar orang awam yang tidak pernah mengetahui makna asli dari keduanya.

Metode yang berarti jalan atau cara untuk mengetahui sebuah maksud atau tujuan tertentu. Dapat diartikan lain sebagai langkah-langkah dalam suatu pengerjaan. Menurut para ahli, metode adalah cara teratur untuk berpikir secara baik dengan maksud tujuan tertentu. Metode memiliki cara kerja untuk mempermudah pencapaian kegiatan yang telah ditentukan.

Sedangkan metodologi yang berarti melewati atau melalui sesuatu dengan mencapai maksud tersebut. Sama dengan metode, métodologi digunakan untuk memudahkan dalam suatu kegiatan untuk pencapaian tujuan yang ditentukan.

Penjelasan diatas adalah perbedaan metode dan metodologi secara umum, selanjutnya akan membahas metode dan metodologi dalam ilmu sejarah.

Jelaskan Apa Yang Membedakan antara Metode dan Metodologi Dalam Ilmu Sejarah?

Jelaskan apa yang membedakan antara metode dan metodologi dalam ilmu sejarah?

Jelaskan apa yang membedakan antara metode dan metodologi dalam ilmu sejarah? Ilmu sejarah adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang terjadi dimasa lampau, seperti halnya peristiwa penting, sejarah masa kuno, keadaan geografi masa lampau dan dalam beberapa konteks yang lain.

Metode dalam ilmu sejarah yakni cara atau langkah yang digunakan untuk mengetahui fakta yang terjadi di masa lampau sejarah atas asas-asas dari aturan ilmu sejarah. Metode ilmu sejarah memiliki beberapa tahapan yakni heuristik, kritik ekstern dan intern, interpretasi dan historiografi.

Tujuan dari metode dalam ilmu sejarah untuk pengumpulan beberapa sumber sejarah yang asli dan terpecaya, dapat menyajikan tulisan yang dapat dimengerti khalayak umum dan menilainya secara kritik.

Metodologi dalam ilmu sejarah yakni ilmu yang mempelajari tentang cara dan langkah untuk mengetahui wawasan teori pada masa lampau dan ditulis sebagai penelitian dalam sejarah.

Itulah, perbedaan metode dan metodologi dalam ilmu sejarah yang dapat saya sampaikan. Next, ke materi berikutnya pengertian metode.

Metode Adalah

Metode adalah

Metode adalah suatu cara atau langkah yang dilakukan untuk melakukan sesuatu agar mencapai tujuan yang diharapkan. Metode berfungsi sebagai alat bagaimana cara untuk melakukan hal tersebut yang sesuai dengan keinginan kita.

Menurut para ahli, dari Max Siporin metode adalah orientasi kegiatan khusus yang digunakan untuk berbagai tugas serta memiliki tujuan yang nyata.

Sedangkan, dari Hamid darmadi metode adalah suatu cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Nah, hampir sama dengan pengertian metode secara umum bukan?

Metode memiliki karakteristik seperti metode yang sering dilakukan akan menjadi sebuah tindakan yang bersifat sistematis untuk mencapai tujuan dengan hasil yang baik dan metode digunakan sebagai aktivitas kegiatan oleh suatu kelompok.

Metode memiliki fungsi sebagai pensisteman dalam sebuah rencana yang telah diatur untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Demikianlah artikel mengenai perbedaan metode dan metodologi. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.