Penyakit Yang Sering Diderita Manusia Akibat Pencemaran Udara Adalah?

Penyakit yang Sering diderita Manusia Akibat Pencemaran Udara Adalah

Sebagai manusia kita tidak luput dari penyakit yang mana sangat menggagu kesehatan kondisi fisik tubuh kita. Akibatnya seluruh aktifitas kita jadi terganggu. Perlunya kesadaran diri untuk  mengetahui kondisi fisik kita bukan orang tua, teman atau pun keluarga terdekat kita. Oleh karena itu, kita harus tetap menjaga kesehatan dari banyaknya penyakit yang ada dan merajalela. Tetapi kondisi banyaknya penyakit itu juga termasuk ulah kita sendiri dari salah satunya yakni pencemaran udara. Penyakit bermunculan dari pencemaran udara akibat asap rokok, asap kendaraan, asap pabrik atau industri. Dan disini akan membahas penyakit yang sering diderita manusia akibat pencemaran udara adalah sebagai berikut :

Penyakit Asma Pencemaran Udara

Pertama, penyakit ini tidak asing lagi karena  kebanyakan orang mempunyai derita ini yang bernama penyakit asma pencemaran udara  ini termasuk dalam kategori penyakit yang sering diderita manusia akibat pencemaran udara adalah penyakit asma pencemaran udara, penyakit yang penderitanya mengalami gejala sesak, sesak pada dada dan sulit bernafas, apalagi ketika berada diluar rumah dalam kondisi udara yang penuh polusi akan menyebabkan asma bertambah parah.

Solusi dalam penyakit ini yakni  harus dalam keadaan yang tenang jangan terlalu panik dan jika masih tidak mempan gunakanlah inhaler sebagai pembantu oksigen.

Yang kedua yakni penyakit Pneumonia pencemaran udara atau dalam bahasa Indonesia paru paru basah. Penyakit Pneumonia pencemaran udara ini jarang ditemukan pada umumnya karena hanya orang tertentu dan mungkin dari keturunan keluarga yang mempunyai penyakit jenis ini. Penyakit ini juga termasuk dalam penyakit yang sering diderita manusia akibat pencemaran udara adalah pneumonia.

Gejala dari penyakit ini yakni berawal dengan demam. Biasanya disertai dengan batuk kering yang mana terasa sakit pada tenggorokan seperti tersayat-sayat. Selanjutnya masuk pada fase menggigil tanpa sebab. Nyeri pada dada seperti terkena pukul dari dalam, karena ini termasuk penyakit akut otomastis terdapat juga hilangnya napsu makan.

ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) Pencemaran Udara

ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) Pencemaran Udara

Penyakit yang sering diderita manusia akibat pencemaran udara adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) pencemaran udara, penyakit ketiga yang akan disebutkan dan dijelaskan dari akibat pencemaran udara. ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) pencemaran udara adalah penyakit yang penderitanya mengalami gejala batuk, pilek dan demam karena ini penyakit yang termasuk kategori akut maka berhati hatilah terhadap orang yang memiliki penyakit ISPA karena bisa saja tertular, beda dengan penyakit asma yang tidak menular pada orang lain. 

Seperti yang telah dijabarkan diatas dari ketiga jenis Penyakit yang sering diderita manusia akibat pencemaran udara adalah asma, pneumonia dan ISPA, sebenarnya masih banyak lagi seperti Bronkitis, kalau penyakit yang sangat parah yakni serangan jantung dan kanker. Itu semua terjadi karena akibat polusi udara atau pencemaran udara, yang kebanyakan terjadi oleh ulah manusia itu sendiri.

Pencemaran udara tidak hanya mengganggu manusia saja tetapi dapat mengganggu semua jenis hewan. Terutama hewan yang tinggal pada area perkotaan seperti kucing, burung, anjing, kerbau, sapi dan sebagainya. Maka dari itu sebagai manusia kita harus menjaga bumi. Solusinya dengan penanaman pohon kembali atau biasa kita kenal dengan reboisasi yang memiliki arti penghijauan kembali.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.