Penyebab Vertigo Mendadak, Kira-kira Apa Ya?

Mungkin sebagian dari kalian tidak asing dengan sebutan vertigo. Vertigo adalah penyakit yang mana penderitanya merasakan sakit kepala luar biasa. Bisa kambuh sewaktu-waktu. Penyebab vertigo mendadak karena menggerakkan kepala secara cepat atau terlalu sering. Tetapi penyebab vertigo mendadak dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Contohnya karena efek samping pemakaian obat secara berkala. Penyakit ini dapat mengganggu kegiatan sehari-hari, bahkan lebih parahnya dapat mengganggu sistem keseimbangan tubuh itu sendiri.

Saat penyebab vertigo mendadak kambuh, yang orang-orang rasakan bisa bervariasi, seperti pusing ringan, hingga pusing berat dan muncul secara berkala. Serangan rasa sakit  dirasakan biasanya memiliki durasi  lama dan bisa berlangsung selama beberapa hari sehingga pengidapnya tidak bisa beraktivitas secara normal.

Dan penyebab penyakit ini sering kambuh adalah gangguan pada bagian  telinga bagian dalam. Dan hal itu  memicu sistem kerja mekanisme keseimbangan tubuh. Selain itu, beberapa faktor penyebab vertigo mendadak, di antaranya:

  1. Melakukan perubahan posisi tidur secara cepat.
  2. Migran atau sakit kepala yang tidak tahankan
  3. Vestibular neuronitis, inflamasi saraf vestibular pada telinga bagian dalam.
  4. Gangguan pada otak, contohnya tumor.
  5. Mengkonsumsi obat berlebihan yang dapat merusak fungsi telinga
  6. Luka pada kepala atau pernah mengalami trauma kepala

Apa Ciri Ciri Penyakit Vertigo?

Apa Ciri Ciri Penyakit Vertigo ?

Dalam penyakit ini, penderita akan mengalami kesakitan hebat jika tidak meminum obat. Dan apa ciri ciri penyakit vertigo ?, saat penderita tiba-tiba mengalami sakit kepala hebat dan merasakan sensasi sekeliling berputar, jangan dianggap remeh. Bisa jadi itu adalah ciri nya

Biasanya penyakit ini akan muncul selang beberapa jam dan bisa membuat kamu kehilangan sistem keseimbangan tubuh. Oleh sebab itu harus segera melakukan pengecekan untuk mengetahui penyebab pastinya. Jika terus dibiarkan, risiko yang bisa terjadi adalah mengalami stroke.

Apa yang Harus dilakukan Jika Mengalami Vertigo?

Apa yang Harus dilakukan Jika Mengalami Vertigo ?

Seseorang yang mengalami penyakit ini , kondisi ini dapat melumpuhkan aktivitas penderitanya, karena merasa seperti berputar-putar. Penyakit ini tidak hanya bisa diatasi dengan obat-obatan saja, ada beberapa hal lain yang harus kamu perhatikan saat kambuh.

  1. Vertigo dapat muncul secara tiba-tiba, saat kondisi ini muncul, sebaiknya segera duduk atau berbaring dengan tenang.
  2. Jika pusing saat berdiri, sebaiknya berdiri secara perlahan. Hati-hati kemungkinan kehilangan keseimbangan yang dapat menyebabkan terjatuh dan mengalami cedera serius.
  3. Jangan mengganti posisi secara tiba-tiba, jika saat berjalan, gunakan tongkat atau cari pegangan atau topangan agar kalian tidak terjatuh.
  4. Jika merasakan haus, bisa meminta tolong orang terdekat untuk membantu mengambilkan air minum.
  5. Hindari cahaya terang, berbaring dengan tenang dengan mata tertutup di ruangan yang gelap untuk mencegah rasa sakit semakin kuat.
  6. Tidur yang cukup dan hindari stres .

Makanan Apa Saja yang Menyebabkan Vertigo?

Makanan Apa Saja yang Menyebabkan Vertigo?

Saat kambuh, penderitanya mengalami gejala mual, muntah, nistagmus (pergerakan bola mata yang abnormal), berkeringat, hingga hilangnya pendengaran. Rasa pusing adalah hal utama saat  vertigo muncul dapat berlangsung selama beberapa menit, jam, dan dapat hilang dan muncul. Dan makanan apa saja yang menyebabkan vertigo?

  • Makanan Tinggi Gula
  • Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein
  • Minuman Beralkohol
  • Makanan Tinggi Garam

Tentu makanan adalah hal utama yang dapat memicu kambuhnya penderita . Makanan-makanan yang sehat tubuh kita perlukan agar meminimalkan  mengidap terjangkit

Mungkin sekian dari penjelasan  kali ini, kita akan bertemu di artikel selanjutnya. Terima kasih atas perhatiannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.