Penyelenggaraan Negara yang Terpusat pada Pemerintah Pusat!

Penyelenggaraan Negara yang Terpusat pada Pemerintah Pusat

Seperti yang kita ketahui, pemerintahan di Indonesia dijalankan dengan beberapa asas, salah satunya adalah penyelenggaraan negara yang terpusat pada pemerintah pusat disebut dengan asas sentralisasi.

Secara jelasnya asas sentralisasi adalah penyerahan kekuasaan wewenang secara penuh kepada pemerintah pusat. Pemerintah pusat yang dimaksud adalah Presiden beserta jajaran kabinetnya, dan wewenang yang dimaksud adalah kewenangan administrasi serta politik.

Selain sentralisasi, Indonesia juga menerapkan sistem desentralisasi, yaitu sebuah sistem yang merupakan keterbalikan dari sentralisasi tadi

Tujuan dari Asas Sentralisasi

Tujuan dari Asas Sentralisasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Sentralisasi adalah pemusatan sistem manajemen yang memusatkan seluruh wewenang ke satu tingkat yang biasanya paling tertinggi.

Dalam sistem pemerintahan, penyelenggaraan negara yang terpusat disebut asas sentralisasi disebut asas sentralisasi. Asas ini memiliki beberapa kelebihan serta tujuan yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa. Tujuan dari asas sentralisasi ini antara lainnya adalah:

  1. Untuk mencegah suatu daerah menjadi terlalu maju dan mandiri, sehingga berpotensi untuk terjadi perpisahan.
  2. Memudahkan untuk menerapkan kebijakan umum beserta pelaksanaannya di setiap daerah.
  3.  Mempercepat dan juga memudahkan proses pengambilan keputusan secara tidak langsung, sehingga bisa menunjukan kepemimpinan yang kuat.

penyelenggaraan negara yang terpusat pada pemerintah pusat disebut memiliki kekurangan dan nyatanya hal tersebut benar. Salah satu kekurangan terbesar dari asas ini adalah munculnya pemerintah yang otoriter sehingga tidak mengakui hak-hak di daerah, dan juga memungkinkan elite-elite politik melakukan eksploitasi kekayaan alam di daerah.

Oleh karena itulah asas sentralisasi hanya diberlakukan di beberapa bidang, seperti peradilan, hubungan internasional, moneter, pertahanan dan keamanan, serta pemerintahan umum.

Apa yang Dimaksud dengan Sentralisasi Pendidikan?

Apa yang Dimaksud dengan Sentralisasi Pendidikan?

Sentralisasi juga dilaksanakan di bidang pendidikan juga loh. Penasaran dengan apa yang dimaksud dengan sentralisasi pendidikan?

Konsepnya sama seperti penyelenggaraan negara yang terpusat pada pemerintah pusat, sentralisasi pendidikan adalah keterlibatan pemerintah pusat dalam pembuatan kurikulum pembelajaran atau program pendidikan yang akan ditetapkan di setiap jenjang, jalur, dan jenis pendidikan dengan tujuan pendidikan nasional.

Setelah membahas Sentralisasi pendidikan, kurang lengkap jika kita tidak membahas desentralisasi pendidikan.

Jadi, desentralisasi pendidikan adalah pemberian wewenang yang nyata, luas, serta bertanggung jawab di daerah-daerah secara proporsional yang diwujudkan dengan peraturan, pembagian dan pemanfaatan sumber daya nasional yang berkeadilan dengan  memperimbangan keuangan pusat dan daerah.

Salah Satu Tujuan Diberlakukannya Asas Desentralisasi

Salah Satu Tujuan Diberlakukannya Asas Desentralisasi

Karena penyelenggaraan negara yang terpusat pada pemerintah pusat memiliki kekurangan-kekurangan seperti yang sudah Mimin sebutkan di atas, maka Indonesia juga memberlakukan asas desentralisasi.

Asas desentralisasi merupakan sistem pemerintahan yang menyebarluaskan kewenangan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, yang berarti pemerintah daerah memiliki kekuasaan penuh atas kewenangan yang dapat mereka peroleh.

Salah satu tujuan diberlakukannya asas desentralisasi di Indonesia adalah mengurangi angka kemiskinan serta meningkatkan taraf hidup kesejahteraan di setiap daerah-daerah.

Sama seperti dengan penyelenggaraan negara yang terpusat pada pemerintah pusat. Asas desentralisasi juga memiliki beberapa kekurangan di dalamnya, di antaranya adalah:

  1. Keseimbangan antar setiap daerahnya jadi sulit terkendali.
  2. Mempersulit koordinasi karena sistemnya yang begitu kompleks.
  3. Berpetualang munculnya sifat kedaerahan yang dapat merusak persatuan kesatuan.

Penutup

Demikianlah pembahasan Mimin mengenai asas sentralisasi dan juga desentralisasi. Melalui artikel ini kita jadi mengetahui bahwa sistem pemerintahan di Indonesia ternyata menggunakan dua asas. Yang masing-masing berelaku sesuai dengan bidangnya yang sesuai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.