Perangkat Lunak Disebut Juga? Yuk Kita Simak!

Perangkat Lunak Disebut Juga

Halo teman teman sekalian gimana kabarnya?. Kali ini kita akan membahas tentang perangkat lunak. Perangkat Lunak Disebut Juga? Sebelum menjawab pertanyaan itu kita terlebih dahulu harus tau apa sih perangkat lunak itu? Perangkat lunak atau peranti lunak ini adalah istilah khusus untuk data yang akan kita format, dan kita simpan secara digital, termasuk juga program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa komputer baca, dan komputer tulis.

Dengan kata lain perangkat lunak adalah bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Kita kembali ke pertanyaan sebelumnya Perangkat Lunak Disebut Juga? perangkat lunak ini dapat kita sebut juga sebagai software.

Apa Saja Jenis Jenis Perangkat Lunak?

Apa Saja Jenis Jenis Perangkat Lunak

Setelah kita membahas tentang apa itu perangkat lunak, kali ini kita akan membahas Apa Saja Jenis Jenis Perangkat Lunak? jenis perangkat lunak ini sangatlah banyak macamnya. Berikut ini macam macam jenisnya dan juga contohnya:

  1. Perangkat Lunak Berbayar
    Software ini mengharuskan penggunanya untuk membayar untuk bisa menggunakan perangkat lunak tersebut. Ketika membeli lisensinya tidak diperbolehkan untuk disebarkan luaskan dan juga diberikan kepada pengguna lain, karena tindakan ini termasuk ilegal. Contoh software berbayar adalah ini, Microsoft Office, Microsoft Windows, Adobe Photoshop dan sebagainya.
  1. Freeware

Perangkat lunak ini adalah perangkat lunak gratis dan dapat digunakan tanpa batas waktu tertentu. Biasanya pengembang software membuat perangkat lunak ini adalah sebuah komunitas.  Contoh software freeware adalah Mozilla Firefox, Google Chrome dan lain lain.

  1. Open Source Software
    Perangkat lunak ini bersifat terbuka, sehingga sumber kodenya dapat dipelajari, ditingkatkan, disebarluaskan dan juga dimodifikasi. Perangkat ini dapat diperoleh secara gratis dan digunakan oleh komunitas tertentu untuk dikembangkan dengan lisensi GPL (General Public License). Contoh Software ini adalah Linux, yang fungsinya pun setara dengan Microsoft Windows, yaitu sebagai Operating System.
  2. Malware
    Perangkat lunak ini dianggap sebagai software perusak, karena tujuan perangkat lunak ini adalah untuk menyusup, bahkan merusak sistem jaringan jaringa komputer. Contoh dari malware ini adalah spyware (perangkat lunak pengintai), virus komputer, adware (perangkat lunak untuk iklan yang tidak jujur), dan software lainnya yang dibuat untuk tujuan merugikan.

Apa Fungsi Dari Perangkat Lunak?

Apa Fungsi Dari Perangkat Lunak

Setelah kita membahas tentang pertanyaan Perangkat Lunak Disebut Juga? dan juga pengertian perangkat lunak serta jenis jenis perangkat lunak, kali ini kita kan membahas tentang Apa Fungsi Dari Perangkat Lunak? Fungsi perangkat lunak atau yang kerap disebut software ini adalah untuk memproses data, instruksi, perintah sehingga mendapat hasil dalam menjalankan sebuah perintah tertentu. Perangkat Lunak ini juga dapat berfungsi sebagai sarana interaksi yang menjembatani atau menghubungkan pengguna komputer dengan perangkat keras atau hardware.

Mengapa Di Sebut Perangkat Lunak Komputer?

Mengapa Di Sebut Perangkat Lunak Komputer

Setelah kalian mengetahui apa itu perangkat lunak dan juga jenis jenisnya, kalian juga harus tahu nih Mengapa Di Sebut Perangkat Lunak Komputer? Disebut sebagai perangkat lunak atau software, karena software itu secara fisik memang tidak dapat dilihat namun dapat dioperasikan. Artinya perangkat lunak atau yang kerap disebut sebagai software ini memang tidak memiliki wujud fisik dan tidak dapat dilihat telanjang mata, tetapi Perangkat lunak atau software ini dapat disimpan di berbagai komponen komponen perangkat keras atau yang kerap disebut juga sebagai hardware.

Nah kalian sudah tahu kan sekarang, jadi kalau kalian ditanya tentang pertannyaan Perangkat Lunak Disebut Juga?  Kalian tidaklah perlu bingung lagi. Sekian pembahasan saya seputar perangkat lunak semoga bermanfaat bagi teman teman ya, terima kasih.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.