Pidato yang Dilakukan Secara Spontan disebut dengan Metode?

Pidato yang Dilakukan Secara Spontan disebut dengan Metode

Apakah kalian tahu jenis-jenis pidato seperti pidato yang dilakukan secara spontan disebut dengan metode apa? Sebelumnya, pidato merupakan cara kita menyampaikan pemikiran kita kepada khalayak umum.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato adalah ungkapan kata-kat yang ada dalam pikiran kita kepada banyak orang. Kita bisa melakukan pidato dengan maupun tanpa naskah, dan naskah pidato umumnya terbagi atas tiga bagian, yaitu pembuka isi dan penutup.

Pidato juga bisa kita sampaikan dengan berbagai macam metode. Contohnya seperti pidato yang dilakukan secara spontan disebut dengan metode Impromptu, pidato dengan metode menghafal, ekstemporan, dan berbagai macam lainnya. Pada kesempatan kali ini, Mimin akan membahas tiga metode pidato tersebut, simak ulasannya di bawah ini!

Pidato Spontan Tanpa Naskah Disebut Apa?

Pidato Spontan Tanpa Naskah Disebut Apa?

Metode berpidato ini sudah Mimin singgung di awal artikel ini, yaitu pidato spontan tanpa naskah disebut dengan metode Impromptu. Pidato ini kita lakukan seseorang jika tiba-tiba terpanggil untuk maju menyampaikan pidato dalam sebuah acara, pidato ini kita lakukan secara spontan dan tanpa adanya persiapan sebelumnya.

Terlebih lagi, pidato yang kita lakukan secara spontan namanya adalah metode Impromptu ini tidak menggunakan naskah sebagai patokannya. Biasanya sang pembicara akan membangun gagasan-gagasan besar yang ingin lota sampaikan di dalam pikirannya terlebih dahulu, lalu isi pidatonya akan langsung kita sampaikan berdasarkan gagasan-gagasan tadi.

Kelebihan dari metode pidato ini adalah gagasan yang kita ungkapkan biasanya berdasarkan perasaan yang sebenarnya.

Apa yang Dimaksud Metode Pidato Menghafal?

Apa yang Dimaksud Metode Pidato Menghafal?

Metode yang kedua adalah pidato menghafal atau yang biasanya kita sebut dengan pidato Memoriter. Lalu apa yang dimaksud metode pidato menghafal? Sesuai dengan namanya, metode pidato ini mengharuskan seseorang untuk menulis terlebih dahulu pidatonya dalam sebuah naskah, lalu menghafalkannya kata demi kata.

Metode pidato ini sangat jauh berbeda dengan yang pertama tadi, yaitu pidato yang dilakukan secara spontan disebut dengan metode Impromptu. Kelebihan dari metode pidato menghafal adalah kita dapat mempersiapkan kata-kata yang baik dan benar. Jika mampu menghafal pidato ini dengan tepat maka penampilan kita akan lancar dengan bahasa tubuh yang tidak kaku.

Apa yg Dimaksud Metode Ekstemporan?

Apa yg Dimaksud Metode Ekstemporan?

Selanjutnya kita memasuki metode pidato yang biasanya para pembicara yang sudah mahir lakukan dan sudah berpengalaman, yaitu metode ekstemporan. Apa yg dimaksud metode ekstemporan adalah pidato yang mengharuskan pembicaranya untuk hanya menyiapkan hal penting dari gagasan-gagasan besar yang ingin disampaikannya. Metode pidato ini bagaikan gabungan dari metode Impromptu dengan Memoriter tadi.

Pembicara tidak harus menghafal keseluruhan pidato kata demi kata, melainkan hanya mengingat garis-garis besar dari pidatonya. Garis-garis besar pidato tersebut akan menjadi pedoman bagi para pembicara dalam menyampaikan pidatonya.

Mimin mengakui, metode pidato ini sangat sulit untuk kita lakukan. Tetapi dengan mencobanya dan latihan terus menerus Mimin yakin kalian semua bisa melakukan metode pidato ekstemporan dengan baik dan benar.

Kelebihan dari pidato ini yaitu, pesan yang ingin kita sampaikan dapat kita ubah dengan mudah sesuai dengan kondisi situasi saat kalian berpidato, dan komunikasi antara pembicara dengan pendengar terasa lebih nyata.

Penutup

Itulah informasi berbagai jenis pidato mulai dari pidato yang dilakukan secara spontan disebut dengan metode Impromptu hingga Ekstemporen. Mimin harap artikel ini dapat membantu kalian semua dalam meningkatkan kemampuan berpidato kalian. Sehingga kalian bisa menyampaikan pikiran kalian dengan baik dan benar di depan khalayak umum.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.