Planet Yang Dijuluki Bintang Kejora yaitu Planet Venus, Kira-kira Mengapa Ya?

Planet Yang Dijuluki Bintang Kejora yaitu

Planet Yang Dijuluki Bintang Kejora yaitu planet Venus. Kenapa demikian? Apakah teman-teman tau alasannya?

Planet yang dijuluki Bintang Kejora yaitu planet Venus, dikarenakan planet Venus merupakan benda langit yang paling terang jika dilihat dari permukaan bumi, setelah matahari dan bulan.

Benda kedua paling terang yang ada di langit malam setelah bulan adalah planet Venus. Sehingga tidak perlu Teleskop untuk melihat planet venus.

Planet Venus terlihat paling terang dibandingkan dengan bintang-bintang lainnya. Oleh sebab itu, planet yang dijuluki Bintang Kejora yaitu planet Venus.

Selain itu, planet Venus adalah planet yang paling dekat dengan bumi dan bercahaya karena pantulan dari sinar matahari.

Venus menjadi sangat terang karena memantulkan lebih dari 70% dari sinar matahari ke arah bumi, karena itulah planet yang dijuluki Bintang Kejora yaitu planet Venus.

Bintang Kejora Adalah?

Bintang Kejora Adalah

Bintang kejora adalah sebutan lain dari planet Venus yang biasa kelihatan besar dan terang di sebelah timur pada dini hari. Selain itu, sebutan bintang kejora adalah bintang timur. Selain dijuluki sebagai Bintang Kejora, planet Venus juga disebut sebagai kembaran bumi. Nama lain planet Venus sebagai kembaran bumi ini dikarenakan planet Venus memiliki ukuran, massa, komposisi, kepadatan dan gravitasi yang mirip.

Ciri-ciri planet Venus

ciri-ciri planet Venus

Dilansir dari Space, ciri-ciri planet Venus yang membedakannya dari planet-planet lain adalah sebagai berikut: 

Planet Terpanas Di Tata Surya 

Planet Venus bukanlah planet yang paling dekat dengan Matahari, namun atmosfernya yang padat memerangkap panas dalam versi efek rumah kaca yang menghangatkan Bumi. 

Akibatnya, suhu di Venus mencapai 471 derajat Celcius. Ini sangat panas dan mampu untuk melelehkan timah. Walaupun nama lain planet venus adalah kembaran bumi, namun planet Venus tidak dapat ditinggali manusia disebabkan karena planet Venus adalah planet yang terpanas.

Planet Venus Memiliki Atmosfer yang Sangat Panas

 

Planet Venus memiliki atmosfer yang luar biasa panas dengan suhu yang sangat tinggi, yang sebagian besar terdiri dari karbon dioksida yang mengandung sedikit air dan dengan awan asam sulfat.

Penyebab tekanan permukaan pada planet Venus lebih besar 90 kali lipat dari tekanan di Bumi adalah  atmosfer planet Venus lebih berat daripada planet lain. Dapat digambarkan, tekanan di Venus mirip dengan tekanan yang ada di kedalaman 1.000 meter di lautan. 

Orbit planet Venus

Untuk berotasi pada porosnya planet Venus membutuhkan 243 hari di Bumi. Kenapa demikian? Hal itu dikarenakan planet Venus memilki rotasi yang lebih lambat dari Bumi. Perlu waktu bagi Venus untuk berotasi merupakah waktu paling lambat jika dibandingkan dengan planet-planet besar lainnya. Inti logam Venus tidak dapat menghasilkan medan magnet yang mirip dengan Bumi, dikarenakan rotasi planet Venus yang lambat.

Venus berotasi ke arah yang berlawanan

 

Ini adalah hal yang menarik dari Venus, saat dilihat dari atas, Venus berotasi pada porosnya dengan arah yang berlawanan dibandingkan dengan kebanyakan planet. Yang berarti, Matahari di Venus tampak terbit di barat dan terbenam di timur, berbeda dengan di Bumi.

Itulah beberapa ciri-ciri planet venus yang perlu kita ketahui. Banyak planet di tata surya yang memiliki berbagai ciri khasnya masing-masing, dan juga dengan sebutan dan julukannya masing-masing.

Seperti yang sudah kita bahas, jika planet yang dijuluki Bintang Kejora yaitu planet Venus, selain julukan tersebut planet Venus juga dijuluki sebagai kembaran Bumi, namun disana tidak ada kehidupan dan tidak dapat ditinggali karena planet Venus merupakan planet terpanas di tata surya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.