Plat Nomer C, Untuk Daerah Indonesia Bagian Mana?

plat nomer c

Pelat nomor merupakan salah satu persyaratan yang wajib dimiliki setiap kendaraan bermotor, baik itu roda dua atau roda empat. Pada plat nomor tertulis nomor yang merupakan kombinasi huruf dan angka pada nomor polisi. Kombinasi tersebut terdiri dari satu atau dua huruf di depan, satu sampai empat angka di tengah, dan satu hingga tiga huruf di belakang. Berikut kita akan membahas mengenai plat nomer c.

Adakah plat C?

Adakah plat C

 

Plat nomor kendaraan berfungsi sebagai identitas untuk membedakan kendaran yang memiliki tipe atau bahkan merek yang sama. Plat ini juga menandakan kendaraan telah terdata di kepolisian.

Huruf awal yang tertulis dalam kombinasi nomor polisi tersebut menandakan kode wilayah kendaraan bermotor, yang ditunjukkan mulai huruf A sampai Z. Lalu, bagaimana dengan plat C? Adakah plat C?

Beberapa masyarakat menanyakan tentang pertanyaan ini, adakah plat C? Jika tidak, apa alasannya? Apakah teman-teman tau, kenapa plat nomor kendaraan tidak ada huruf C? Ternyata ini adalah alasan tidak ada plat nomer C di Indonesia.

Penggunaan kode wilayah pada plat nomor dimulai sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia. Akibatnya, masyarakat menggunakan bahasa Belanda dan juga bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. Hal inilah yang menyebabkan ada perbedaan dalam penulisan bahasa menggunakan ejaan lama.

Pada ejaan lama atau ejaan Soewandi, huruf C ditulis dengan ejaan TJ. Jadi, Huruf TJ tidak termasuk dalam abjad yang digunakan Belanda, sehingga tidak ada kode wilayah C.

Jadi sekarang teman-teman sudah tau, Kenapa plat nomor kendaraan tidak ada huruf C? Walau tidak digunakan untuk kendaraan pribadi, akhirnya plat nomer C digunakan untuk kendaraan-kendaraan khusus.

Plat nomor dengan kode CC digunakan oleh staf konsulat atau kendaraan wakil pemerintah negara lain yang ditugaskan di Indonesia.

Sementara itu, pelat nomor dengan kode CD adalah kesatuan atau anggota diplomatik negara lain yang bertugas di Indonesia.

Dari mana plat C?

Dari mana plat C

Plat nomer C untuk kendaraan khusus. Karena tidak digunakan untuk kendaraan pribadi, plat nomor dengan huruf C digunakan untuk kendaraan-kendaraan khusus.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya nya, jika plat nomor dengan kode CC digunakan oleh staf konsulat atau kendaraan wakil pemerintah negara lain yang ditugaskan di Indonesia.

Sementara itu, plat nomor dengan kode CD adalah kesatuan atau anggota diplomatik negara lain yang bertugas di Indonesia. Jika ada pertanyaan, dari mana plat C? Maka plat nomer C hanya digunakan untuk kendaraan-kendaraan khusus.

Selain kode huruf plat nomor, ternyata ada juga hal lain yang menjadi pembeda di setiap plat nomor yakni prihal warna plat nomor. Ternyata terjadi perubahan warna plat nomor kendaraan yang dikabarkan akan dimulai pada Juni 2022 dan dilakukan secara bertahap.

Tujuan perubahan warna plat kendaraan dari hitam menjadi putih ini bertujuan untuk memudahkan CCTV melakukan pengambilan gambar pada kendaraan yang melanggar lalu lintas.

Warna plat nomor kendaraan selama ini mengacu pada Perpol Nomor 7 Tahun 2021, tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.  Berikut arti warna plat nomor pada kendaraan:

Plat nomor putih

Identik dengan plat berwarna putih dengan tulisan warna merah berarti untuk kendaraan yang digunakan untuk mobil yang baru saja kita beli, badan hukum, PNA (Perwakilan Negara Asing) atau kedutaan besar dan badan internasional.

Plat nomor kuning

Kendaraan bermotor dengan warna kuning dan tulisan warna hitam digunakan untuk kendaraan jenis transportasi publik atau kendaraan umum.

Plat nomor merah

Kendaraan bermotor warna merah dan tulisan putih berarti digunakan untuk kendaraan yang digunakan khusus oleh instansi pemerintah.

Plat nomor hijau

Plat dengan nomor hijau dengan tulisan warna hitam digunakan untuk kendaraan yang beroperasi di kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan tiket bebas bea masuk dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dengan pembedaan kode huruf dan warna seperti ini, masyarakat bisa melihat fungsi yang berbeda dari masing-masing kendaraan bermotor yang beroperasi di Indonesia. Sehingga tidak ada lagi kebingungan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.