PLAT P ATAU PA ITU BEDA? INI DIA SEPUTAR PLAT P DAN PA

Indonesia mempunya beberapa huruf yang dijadikan nomor plat termasuk P dan PA. Namun apakah plat nomor p dan plat nomor pa itu sama? Di manakah plat nomor p bagi motor?

Nah sebelum kita masuk ke dalam pertanyaan-pertanyaan berikut kita harus tau dulu nih apa sih plat nomor itu. Plat nomor adalah salah satu cara yang digunakan baik di Indonesia maupun negara-negara lainnya untuk mengidentifikasi kendaraan.

Indonesia sendiri setiap kendaraan harus memiliki plat nomor. Jika tidak, dapat dikenakan sanksi yang tertulis dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009.

Nah di Dalam Plat Nomor, Terdapat Beberapa Bagian Nih. Bagian-bagiannya Adalah :

plat nomor pa

  1. Kode wilayah

kode yang menunjukkan dari mana kendaraan berasal (biasanya berisi satu atau dua huruf)

Pada kendaraan yang memiliki plat nomor p dan plat nomor pa, maka plat-plat tersebut menunjukkan dari mana kendaraan tersebut berasal.

Jika teman-teman melihat kendaraan dengan plat nomor p, maka kendaraan tersebut berasal dari provinsi jawa timur. Lebih detailnya meliputi wilayah Banyuwangi, Besuki, Bondowoso, Jember, dan Situbondo. Sedangkan plat nomor pa menunjukkan bahwa kendaraan tersebut berasal dari papua

  1. Nomor polisi

Terdiri dari 4 nomor acak yang dapat dibuat sesuai keinginan namun harus mengeluarkan biaya lebih

Nomor-nomor ini bertujuan untuk membedakan setiap plat yang ada sehingga tidak ada kendaraan yang memiliki plat yang sama dengan kendaraan lain (tidak ada plat ganda)

  1. Kode plat bagian belakang Apa arti 3 huruf belakang plat nomor?

Pada bagian belakang plat terdapat 3 huruf yang memiliki arti tertentu. Mulai dari huruf pertama yang menunjukkan sub wilayah asal kendaraan,huruf kedua yang menunjukkan jenis kendaraan dan huruf terakhir yang merupakan huruf acak.

  1. Masa berlaku plat

Bagian ini menunjukkan dari kapan dan sampai kapan plat berlaku

Untuk melihat kapan masa berlaku plat habis, dapat melakukan cara lain selain melihat tanggal pada plat. Yaitu dengan melalui sms atau website serta bisa juga melalui aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia.

Untuk teman-teman yang bingung dimanakah plat nomor p bagi motor dipamerkan? Tempat ditaruhnya tidak bisa asal loh, karena telah diatur menurut undang-undang juga. Untuk dipasang,

plat harus berada pada bagian depan atau belakang sesuai tempat yang sudah disediakan pada rangka motor

begitupun pula pada mobil atau kendaraan bermotor lainnya. Karena semua motor, mobil atau kendaraan motor lainnya telah disiapkan tempat untuk menaruh plat tersebut

Selain itu Terdapat Juga Beberapa Aturan Lainnya Seperti :

Apa arti 3 huruf belakang plat nomor

  • Terbuat dari unsur-unsur pengaman yang sesuai dengan spesifikasi teknis
  • Warna-warna dasar dan tulisannya :
    1. Kendaraan bermotor perseorangan atau sewa memiliki warna dasar hitam dan tulisan putih
    2. Kendaraan bermotor umum memiliki warna dasar kuning dan tulisan hitam
    3. Kendaraan bermotor dinas pemerintahan memiliki warna dasar merah dan tulisan putih
    4. Kendaraan bermotor korps diplomatik negara lain memiliki warna dasar putih dan tulisan biru
    5. Kendaraan bermotor di kawasan perdagangan bebas memiliki warna dasar hijau dan tulisan hitam
  • Harus dikeluarkan dari korlantas polri (jika tidak maka dianggap tidak sah)

Kita sudah tau nih apa sih plat nomor p dan plat nomor pa itu, Apa arti 3 huruf belakang plat nomordan dimanakah plat nomor p bagi motor dipamerkan? Jadi kalau teman atau keluarga dan siapapun bertanya teman-teman pasti sudah bisa menjawabnya. Jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan yang ada dan mengikutin aturan-aturan seputar plat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.