Psikosomatik adalah Gangguan Pikiran Seperti Apa?

Psikosomatik adalah

Hello teman teman apa kalian pernah mendengar apa itu psikosomatik? Psikosomatik secara etimologi adalah gabungan dari kata pikiran (pshyce) dan tubuh (soma) jadi secara hariah dapat diartikan psikosomatik adalah penyakit ataupun gangguan yang melibatkan antara pikiran dan tubuh. Secara psikologis diartikan psikosomatik adalah penyakit yang dialami akibat gangguan pikiran seperti stress dan kecemasan akan tetapi jika di diagnosa secara medis tidak ada penyakit secara fisik dan gangguan fungsi tubuh.

Jadi dapat diartikan secara umum psikosomatik adalah gangguan atau penyakit yang timbul karena adanya gangguang mental seperti stress dan kecemasan. Menurut beberapa penelitian salah satunaya dari Indian Jurnal of Occupational & Enviromental Medicine disebutkan bahwa gangguan psikosomatik dapat meningkat siring dengan peninggkatan stress seseorang.

Gangguan ini sering terjadi pada semua kelompok baik dari remaja hingga dewasa terutama banyak terjadi kepada wanita daripada dengan pria. Jika seseorang sedang mengalami kondisi seperti ini sarankan agar selalu menjaga mental orang tersebut.  

Gejala Psikosomatik  

Gejala Psikosomatik  

Saat mengalami psikosomatik seseorang mempunyai gejala yang berbeda beda tergantung dari kondisi psikologis orang tersebut namu berikut adalah gejala psikosomatik yang biasa terjadi. 

Gejala secara fisik  

  • Akan mengalami jantung yang berdebar debar secara kencang 
  • Akan mengalami sesak nafas  
  • Akan mengalami rasa mual  
  • Tidak mempunyai napsu makan  
  • Akan mengalami insomnia atau tidak bisa tidur  
  • Ulu hati akan merasa nyeri  
  • Kepala dan bagian tubuh lainnya akan merasa sakit dan nyeri 
  • Tekanan darah tinggi  
  • Akan muncul ruam pada kulit penderita psikosomatik  

Gejala secara psikis  

  • Akan mengalami tingkat kecemasan yang tidak normal 
  • Seseorang yang sedang mengalami gejala ini akan mudah marah dan mudah tersinggung kepada orang lain  
  • Akan sulit berpikir baik di tempat kerja ataupun lingkungan orang tersebut berada ataupun susah dalam bersosialisasi dengan sekitar  
  • Seseorang yang menderita psikosomatik akan sering pergi ke dokter untuk berkonsultasi dan berganti-ganti dokter karena tidak puas dengan hasil pemeriksaan sebelumnya 

Penyebab Piskosomatik

Penyebab Piskosomatik

Penyebab piskosomatik memang terjadi karena adanya gangguan secara mental seperti stress dan kecemasan, namun selain itu ada penyebab yang wajib diketahui oleh teman teman yang akan dijelaskan dibawah ini, yuk simak  

Kondisi biologis  

Kondisi biologis berpengaruh pada perubahan hormon dan metabolisme glukosa. Kadar asam amino dan lainnya juga dapat menyebabkan terjadinya ganguan psikosomatik  

Kondisi genetik  

Penyimpangan genetik secara tertentu juga dapat menyebabkan gangguan psikosomatik 

Pengaruh stress   

Seseorang yang mengalamai gangguan pikiran seperti stress ini merupakan penyebab utama dari penyakit ini. Keadaan seperti ini bisa dialami oleh siapa aja karena kita tidak akan pernah tau kadar stress seseorang. jadi penyebab psikosomatik adalah kadar stress seseorang yang berpengaruh terhadap pola pikir.  

Keadaan sekitar  

Tekanan di rumah atau di lingkungan pergaulan seseorang dapat mengakibatkan gangguan mental. Hal itu dapat membuat seseorang akan mengalami penyakit ini. Keadaan sekitar yang buruh alami akan membuat gangguan ini mudah terjadi.  

Cara mengatasi psikosomatik 

Cara mengatasi psikosomatik  

Memperbaiki pola pikiran melalui meditasi 

Salah satu cara mengatasi psikosomatik adalah dengan memperbaiki pola pikiran melalui meditasi. Jika seseorang melakukan meditasi akan membuat pikiran menjadi tenang dan rileks. Dengan melakukan meditasi syarat akan memperbaikin kondisi fisik dan mental secar keseluruhan.   

Berolahraga secara teratur 

Dengan berolahraga secara teratur membuat kita merasa positif setiap hari. Olahraga membuat pikiran positif dan melepaskan stress. Seseorang tidak berolahraga tidak baik untuk kondisi fisik maupun psikis  

Mengatur pola makan 

Mengatur pola makan merupakan salah satu cara mengatasi penyakit ini, jika kalian mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi secara teratur kalian akan sehat dan bugar.  

Memperbanyak Bersosialisasi 

Memperbanyak Bersosialisasi akan membuat kalian merasa dunia ini ramai dan menyenangkan. Kalian bisa bersosialisasi dengan kawan yang memberikan dampak positif untuk kita. Tentunya kalian mendapatkan hal positif yang pastinya kalian tidak akan mengalami rasa stress. Check juga gangguan pikiran lainnya yaitu gangguan kognitif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.