Sebutan Bagi Planet Venus Adalah Planet yang Dikata Mirip Dengan Planet Bumi!

Sebutan Bagi Planet Venus adalah

 

Setiap planet pada tata surya memiliki julukan atau sebutannya masing-masing karena setiap planet memiliki ciri khas tersendiri, seperti sebutan planet Merkurius yaitu bintang fajar, sebutan planet Bumi adalah planet biru, dan sebutan planet Mars adalah planet merah. Lalu bagaimana dengan planet Venus? Apakah planet Venus juga memiliki sebutan? Untuk mengetahui sebutan dari planet Venus, teman-teman bisa menyimak penjelasan di bawah ini. Ada satu planet di tata surya yang disebut sebagai kembaran bumi, yaitu planet venus. Kenapa planet Venus disebut sebagai kembaran Bumi? Sebutan bagi planet Venus adalah Planet Kembaran Bumi karena memiliki berbagai macam kesamaan, mulai dari ciri-ciri fisiknya sampai susunan pembentuknya. Planet Venus juga terletak dekat dengan Bumi, sehingga tidak perlu Teleskop untuk melihatnya. 

Sebutan Planet Merkurius

Sebutan Planet Merkurius

Sebutan bagi planet Venus adalah kembaran bumi dikarenakan planet Venus memiliki massa, ukuran, materi, dan kepadatan yang hampir sama dengan Bumi. Diameter planet Venus sekitar 12.104 kilometer (7.521 mil). Selubung batuan keras yang mirip seperti tanah di bumi pun dimiliki oleh planet Venus.

Planet Venus memiliki atmosfer berupa awan tebal yang panas dan beracun, hal inilah yang membedakan antara Venus dan Bumi. Suhu permukaan Venus rata-rata mencapai 867 derajat Fahrenheit atau 464 derajat Celsius. Namun, sebutan bagi planet venus adalah kembaran bumi ini hanyalah sebutan atau julukan karena planet Venus merupakan planet yang sangat panas dan kering, sehingga tak ada kehidupan di sana.

Selain disebut sebagai kembaran bumi, Venus juga memiliki sebutan lain, sebutan bagi planet Venus adalah Bintang Kejora, dikarenakan planet Venus merupakan benda langit yang paling terang jika dilihat dari permukaan bumi, setelah matahari dan bulan. Oleh sebab itu,

Cahaya yang dimiliki Venus memiliki kecerahan besaran -4,6 sampai 18 kali lebih terang dari Sirius, bintang paling terang di langit malam. Cahaya Venus dihasilkan dari proses pemantulan cahaya matahari oleh lapisan atmosfer Venus, yang terdiri dari gas karbon dioksida dan gas efek rumah kaca.

Benda kedua paling terang yang ada di langit malam setelah bulan adalah planet Venus. Sehingga tidak perlu Teleskop untuk melihat planet venus. Planet Venus terlihat paling terang dibandingkan dengan bintang-bintang lainnya. Oleh sebab itu, sebutan bagi planet Venus adalah bintang kejora.

Lantas apa lagi saja fakta menarik dari planet Venus? Berikut ada beberapa fakta menarik tentang planet Venus yang perlu teman-teman ketahui.

Sebutan Planet Merkurius Kembaran Bumi atau Saudara dari Bumi

Sebutan Planet Merkurius

Inilah mengapa planet Venus sering disebut sebagai kembaran Bumi atau saudara dari Bumi. Planet Venus memiliki diameter mencapai 12.104 km hampir sama dengan Bumi, hanya selisih 683 km. Dan juga Venus memiliki massa sekitar 81,5% dari massa Bumi. Keduanya juga memiliki mantel cair, kerak dan inti pusat.

Planet Terpanas

Permukaan planet Venus memiliki rata-rata suhu sebesar 462 derajat Celcius. Dengan demikian, planet ini dinobatkan sebagai planet terpanas di galaksi Bima Sakti. Selain itu, tidak ada variasi musim di planet Venus, hal tersebut disebabkan karena kondisi Venus yang tidak miring pada porosnya.

Satu Hari di Venus Sama Dengan 243 Hari Waktu  di Bumi.

Kenapa demikian? Jawabannya cukup sederhana, yaitu dikarenakan planet Venus memilki rotasi yang lebih lambat dari Bumi.

Namun, untuk melakukan revolusi mengitari matahari, Venus hanya membutuhkan waktu 224,7 hari, yang berarti satu tahun di Venus lebih cepat dari Bumi.

Planet Paling Cantik.

Planet Venus tidak memiliki satelit alami. Karena kecantikannya, Venus memiliki lambang Astronomi wanita dalam Biologi yang digambarkan lingkaran dengan salib di bawahnya.

Selain planet Venus, beberapa planet di Tata Surya juga memiliki sebutan atau julukan. Sebutan planet Merkurius adalah Bintang Fajar.

Disebut demikian karena Merkurius selalu muncul pada waktu fajar saat Matahari terbit. Ada juga planet yang mendapat sebutan atau julukan sesuai dengan warna yang permukaan planet tersebut saat dilihat dari luar angkasa, yaitu planet Bumi dan planet Mars.

Sebutan planet Bumi adalah planet Biru, karena terlihat berwarna biru saat dilihat dari luar angkasa, dan sebutan planet Mars adalah planet merah, karena permukaan Mars bewarna merah dan terlihat berwarna merah saat dilihat dari luar angkasa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.