Sebutkan dan Jelaskan Struktur Teks Biografi, Apa Ya?

Sebutkan dan Jelaskan Struktur Teks Biografi

Kalian pasti sudah tidak asing dengan naskah yang satu ini. Pada saat kita berada di bangku sekolah menengah pertama. Bacaan tersebut sudah sering dipelajari. Pada kesempatan kali ini aku akan membantu teman-teman semua untuk membahas soal mengenai sebutkan dan jelaskan struktur teks biografi. Untuk itu yuk simak pembahasan ini sampai habis ya…

Naskah biografi merupakan sebuah karya tulis yang dimana berisi sebuah ulasan atau latar belakang dari jalan hidup seseorang dari awal sampai akhir kehidupan. Selain itu, tulisan ini juga berisikan kenyataan-kenyataan yang dapat diambil dari semasa hidupnya.

Naskah tersebut juga menjelaskan perihal pengalaman atau pendidikan yang disebabkan karena adanya rasa semangat keingintahuan untuk mendapatkan informasi lebih banyak dibalik sosok hebat tersebut. Oleh sebab itu, biasanya diambil dari tokoh-tokoh inspirasi. Untuk mengetahui lebih mengetahui perihal soal sebutkan dan jelaskan struktur teks biografi berikut adalah penjabarannya.

Struktur Teks Biografi Apa Saja Sebutkan Dan Jelaskan?

Struktur Teks Biografi Apa Saja Sebutkan Dan Jelaskan?

Setelah memahami mengenai pengertian dan juga maksud dari karya tulis  tersebut. Selanjutnya, yuk kita bahas tentang pembahasan Struktur Teks Biografi Apa Saja Sebutkan Dan Jelaskan?

Untuk membuat atau menciptakan naskah riwayat hidup  diperlukan beberapa langkah atau struktur agar hasil karya tersebut nyaman untuk dibaca bagi untuk orang-orang yang membacanya. Yaitu sebagai berikut

1. Orientasi.

adalah salah satu bagian awal atau menjadi paragraf pertama yang berisi beberapa informasi mengenai perkenalan hingga latar belakang dari tokoh yang diulas. Tentunya pada struktur yang pertama  harus memiliki kesinambungan sebelum masuk ke bagian selanjutnya.

2. Peristiwa atau kejadian penting.

Struktur selanjutnya adalah peristiwa atau kejadian penting. Pada bagian ini menceritakan perjalanan hidup baik dengan alur waktu yang berurut. Inti dari isi pada tahap kejadian penting.   yaitu semua kejadian yang memiliki hikmah atau nilai-nilai positif yang dapat diambil oleh mereka yang membaca atau membuatnya

3. Reorientasi.

Terakhir adalah bagian akhir yang dimana para penulis dapat memberikan pernyataan kesimpulan yang berkesinambungan dengan rangkaian kejadian tokoh. Oleh sebab itu, reorientasi dapat disebut sebagai akhir dari naskah tersebut.

Bagaimana Struktur Kebahasaan Dalam Biografi Jelaskan?

Bagaimana Struktur Kebahasaan Dalam Biografi Jelaskan?

Setelah kita membahas tentang soal sebutkan dan jelaskan struktur teks biografi. Kemudian kita akan telaah mengenai Bagaimana Struktur Kebahasaan Dalam Biografi Jelaskan?

Terdapat kaidah kebahasaan yang dapat kita gunakan untuk menyusun tulisan in. Lalu apa aja ya?

  1. Untuk memperkenalkan atau menjelaskan figur pertama harus memakai kata ganti orang ketiga tunggal. Contohnya seperti dia, ia, atau beliau.
  2. Setelah itu teman-teman dapat menggunakan kata kerja tindakan untuk menceritakan suatu hal atau peristiwa tersebut.

Contoh: kata kerja tindakan ini menggambarkan kegiatan fisik yang dimana terdapat imbuhan awal Me- (Menulis, Memakan, Melompat)

  1. Menggunakan kata kerja sifat yang bertujuan untuk memberikan deskripsi dari digur yang diulas. (congkak, pintar, lurus, baik, dan sebagainya)
  2. Selain menggunakan kata kerja tindakan. Pada penyusunan naskah kalian juga bisa memakai kata kerja pasif. Contoh :Terkena, Dimasak, DIpukul, Dicubit, dan sebagainya.

Nah, semoga penjelasan ini dapat memudahkan sobat-sobat ya!

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Struktur Teks Biografi?

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Struktur Teks Biografi?

Setelah itu, kita masuk ke dalam pembahasan terakhir mengenai Bagaimana Cara Mengidentifikasi Struktur Teks Biografi? untuk membedakannya dari karya tulis lainnya kita bisa mengidentifikasi melalui ciri-ciri atau karakter yang dimiliki.

  1. Naskah riwayat hidup ini berisi tentang informasi yang diambil dari kehidupan nyata, mempunyai struktur yang baku atau urut (orientasi, kejadian penting, reorientasi)
  2. Kemudian, memiliki corak tulisan yang dibentuk dengan format yang baik dan jelas.
  3. Banyak kalimat inspiratif yang terdapat dari karya tersebut serta pesan dan kesan dari penulis untuk tokoh yang ia tuliskan.

Nah, segitu dulu ya penjelasan mengenai pertanyaan sebutkan dan jelaskan struktur teks biografi. Semoga dapat membantu dan memudahkan kalian ya! Sampai Jumpa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.