Setelah Wawancara Kita Harus Menulis Agar Dapat Mempermudah Mengoreksinya!

Setelah Wawancara Kita Harus Menulis

Setelah wawancara kita harus menulis laporan hasil wawancara supaya mudah kita baca dan kita dalami lagi. Sebelumnya kita harus tau terlebih dahulu apa itu wawancara? Wawancara merupakan salah satu cara untuk menggali sebuah informasi. Suatu kegiatan wawancara berguna untuk mengumpulkan data dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada seorang narasumber (pemberi informasi).

Kegiatan wawancara biasanya berkaitan dengan penelitian dan pencarian sebuah berita kemudian menghasilkan laporan hasil wawancara. Apabila wawancara kita lakukan untuk kepentingan berita dan media cetak, kita tuangkan hasil wawancara tersebut dalam bentuk teks berita dengan berbagai jenis menjadi laporan hasil wawancara.

Oleh sebab itu, setelah wawancara kita harus menulis sebuah laporan yang relevan dengan hasil wawancara. Sebelum memulai sebuah wawancara, ada baiknya kita mempersiapkan terlebih dahulu hal-hal yang perlu kita siapkan sebelum wawancara agar wawancara yang kita lakukan berjalan lancar dan baik.

Apa Saja yang Harus Kita Lakukan Sebelum Melakukan Wawancara?

Sebelum wawancara kita harus menentukan

Sebelum wawancara kita harus menentukan beberapa hal yang perlu kita siapkan untuk mendapatkan informasi yang ingin kita dapatkan secara lengkap. Berikut merupakan beberapa hal yang perlu disiapkan :

Sebelum wawancara kita harus menentukan tema atau topik yang ingin dibahas.

Menentukan tema atau  topik merupakan hal yang perlu kita siapkan sebelum melakukan proses wawancara. Misalnya, kita mengangkat topik dalam bidang pendidikan, pemerintahan, olahraga, kesehatan, dan lainnya. Dengan menentukan tema atau topik, kita akan lebih mudah untuk menentukan narasumber yang ingin kita wawancarai.

Menentukan narasumber yang tepat untuk diwawancarai sesuai dengan topik pembahasan

Setelah menentukan tema atau topik wawancara, kita dapat menentukan narasumber sesuai seperti topik yang akan kita bahas. Usahakan narasumber yang diwawancara adalah seseorang yang sangat menguasai bidangnya. Dengan mendapatkan narasumber yang sesuai dan baik, maka kita akan mendapatkan semua informasi yang kita butuhkan.

Membuat daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada narasumber.

Membuat daftar pertanyaan juga sangat penting agar kita tidak kebingungan saat menghadapi narasumber nantinya.

Menyusun daftar pertanyaan secara berurutan.

Menyusun daftar pertanyaan juga merupakan langkah penting yang perlu kita lakukan sebelum proses wawancara. Dengan menentukan pertanyaan yang akan kita ajaukan kepada narasumber, maka kita akan jadi lebih mudah untuk mengetahui informasi apa yang kita butuhkan. Selain itu, dengan ini kita akan mendapatkan semua informasi tanpa ada yang terlewat.

Menyiapkan alat tulis ataupun alat perekam untuk mencatat hasil wawancara

Alat tulis merupakan hal yang penting saat melakukan wawancara, ini digunakan untuk menulis jawaban narasumber. Selain itu, alat perekam juga penting digunakan untuk menganalisis jawaban dari narasumber.

Pastikan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan santun saat bertanya

Ini adalah poin yang sangat penting saat melakukan wawancara, sopan santun saat bertanya perlu diterapkan saat menyampaikan pertanyaan kepada narasumber supaya narasumber nyaman dan wawancara dapat berjalan dengan lancar.

Selain poin-poin tersebut, hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan wawancara lainnya adalah menyiapkan kondisi fisik dan mental dengan baik agar wawancara bisa berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, kita juga bisa berlatih untuk melakukan wawancara agar semakin siap untuk melakukan wawancara dengan narasumber.

Setelah Wawancara Kita Akan Memperoleh

Setelah Wawancara kita akan memperoleh

Semua proses di atas kita lakukan dengan baik, dan setelah wawancara kita akan memperoleh hasil wawancara.

Hasil wawancara inilah yang nantinya akan kita tarik kesimpulan menjadi suatu teks laporan. Sangat penting bagi kita setelah wawancara kita harus menulis laporan hasil wawancara.

Hasil wawancara tersebut perlu kita tuangkan dalam sebuah laporan karena sangat penting untuk dijadikan sebagai bukti,

selain itu kita juga membutuhkan alat rekam, apalagi laporan itu bisa mempermudah kita dalam menganalisis kata demi kata yang keluar dari mulut narasumber. Dengan demikian, semua pertanyaan mampu terjawab satu persatu.

Apakah Saat wawancara, kita harus menggunakan pilihan kata yang baik, mudah dimengerti dan sopan?

Saat wawancara, kita harus menggunakan pilihan kata yang

Tentu saja saat wawancara, kita harus menggunakan pilihan kata yang baik, mudah dimengerti dan sopan.

Ketika sedang melakukan wawancara, ada baiknya kita menggunakan kata-kata yang komunikatif dan mudah untuk kita mengerti. Sehingga membantu dalam penyampaian pertanyaan kepada narasumber dan akan memperjelas maksud yang disampaikan oleh pewawancara kepada narasumber.

Dengan demikian, tujuan dari dilakukannya wawancara itu akan tercapai dan data-data yang dibutuhkan akan lebih mudah didapat.

Itulah beberapa bahasan tentang wawancara, mulai dari hal-hal yang harus kita lakukan sebelum wawancara dan hal-hal yang harus kita lakukan setelah melakukan wawancara. Dapat kita simpulkan bahwa setelah wawancara kita harus menulis laporan hasil wawancara supaya mempermudah pembaca untuk memahami isi wawancara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.