Sosiolinguistik adalah Kajian Bahasa? Berikut Penjelasannya?

Sosiolinguistik adalah

Sosiolinguistik adalah suatu ilmu yang bersifat interdisipliner, dan juga gabungan dua disiplin ilmu yaitu sosiologi dan linguistik. Ilmu ini menjelaskan tentang kemampuan manusia dalam menggunakan tata cara berbahasa secara benar dan tepat dalam situasi yang berbeda-beda.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud dengan Sosiolinguistik?

Setelah mengetahui pengertian singkat tentang sosiolinguistik, kita perlu mengetahui pengertian lebih mendalam tentang ini. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sosiolinguistik?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan sosiolinguistik?

Sosiolinguistik adalah kajian yang menyusun teori-teori tentang hubungan antara masyarakat dan bahasa. Mengapa demikian? Karena ditinjau dari asal katanya, yaitu sosiol & inguistik berasal dari kata “sosiologi” dan ‘linguistik”. Sosio artinya masyarakat, dan linguistik artinya kajian bahasa.

Pengertian tersebut tidak jauh berbeda dengan pendapat Sumarsono (2014) yang berpendapat bahwa, sosiolinguistik adalah kajian tentang bahasa dan hal itu dikaitkan dengan kondisi kemasyarakatan. Selain itu, ada beberapa pengertian tentang sosiologi dan linguistik menurut para ahli.

Menurut Chaer dan Agustina (2014), sosiolinguistik adalah bidang ilmu antardisipliner yang mempelajari Bahasa dalam akitannya dengan penggunaan Bahasa tersebut di dalam masyarakat.

Kemudian, menurut Noveria (2008), sosiolingistik adalah suatu ilmu yang membahas dan sekaligus mempelajari aspek kemasyarakatan bahasa, terutama perbedaan yang ada di dalam bahasa yang berhubungan dengan faktor-faktor bahasa dari masyarakat.

Sedangkan pendapat Alwasilah (2008) menyatakan, sosiolingistik dibagi menjadi 5 sudut pandang dalam pemakaian bahasa, yang terdiri dari :

  • stilistika,
  • analisis wacana,
  • variasi bahasa.
  • pragmatik,
  • etnografi komunikasi, dan

Apa Yang Dipelajari dalam Sosiolinguistik?

Apa yang dipelajari dalam sosiolinguistik?

Setelah paham dengan pengertian, kita perlu mengetahui ruang lingkupnya. Jadi, apa yang dipelajari dalam sosiolinguistik? Menurut penjelasan diatas, dapat dikatakan jika hal-hal yang dipelajari dalam sosiolinguistik adalah pemakaian bahasa, tata tingkat bahasa, tempat pemakaian bahasa, macam-macam akibat dari adanya komunikasi dua bahasa atau lebih, serta ragam dan waktu pemakai ragam bahasa.

Bahasa dalam sosiologi dan linguistik bukan hanya dipandang sebagai hanya sebuah struktur, tetapi juga sebagai sistem sosial, sistem komunikasi dan bagian dari kebudayaan masyarakat khusus.

Ragam bahasa merupakan macam-macam pemakaian bahasa pada masyarakat yang bervariasi. Ternyata, didalam ilmu ini juga menjelaskan megapa mansyarakat berbicara dengan berbeda didalam konteks social yang berbeda.

Dalam penelitian sosiolingustik, terdapat 7 elemen yang merupakan masalah utama yang dikaji dalam ilmu sosiolingistik, berikut merupakan aspek yang dikaji :

  • identitas social dari penutur,
  • identitas sosial pendengar yang terlibat dalam proses komunikasi,
  • lingkungan sosial tempat proses komunikasi,
  • analisis diakronik dan sinkronik dari dialek-dialek sosial,
  • penilaian sosial yang berbeda oleh penutur akan perilaku bentuk-bentuk ujaran,
  • tingkatan variasi ragam lingustik, dan
  • penerapan praktis yang berasal dari penelitian sosiologi dan linguistik.

Apa Fungsi dan Tujuan Sosiolinguistik?

Apa fungsi dan tujuan sosiolinguistik?

Semua bidang ilmu tentu terdapat kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk ilmu ini. Kegunaan ilmu ini dalam kehidupan sehri-hari tentunya sangat banyak, karena ini berkaitan dengan bahasa dan bahasa merupakan alat komunikasi verbal pada manusia. Lantas, Apa fungsi dan tujuan sosiolinguistik?

Fungsi dan tujuan sosiolinguistik adalah untuk mempelajari pilihan kata, ragam bahasa, pemakaian kata yang tepat dan sesuai dengan kondisi dan situasi yang dimiliki lawan bicara, hal itu agar tidak terjadi kesalahpahaman, ketidakefisienan dan berbagai masalah bahasa lainnya.

Dengan kata lain, sosiologi dan linguistik berfungsi untuk memberikan pedoman dan panduan kepada kita dalam melakukan komunikasi, mulai dari bahasa, ragam bahasa, atau bahkan gaya bahasa yang harus digunakan saat berbicara dengan orang tertentu.

 

Demikian pembahasan tentang sosiolinguistik, semoga dapat dipahami dan bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.