Teknik Analisis Data Adalah Apa sih? Penasaran kan?

Teknik Analisis Data Ada Berapa?

Teknik analisis data adalah suatu proses untuk mencari dan juga menyusun secara sistematis segala data yang diperoleh dari pengumpulan data. Baik itu secara observasi, wawancara, ataupun dokumentasi. Hal ini mereka lakukan dengan mengklasifikasikan data dalam kategori, melakukan sintesa, menjadikan data ke dalam unit, menyusun dalam pola, menyeleksi hal yang penting, dan pada akhirnya membuat kesimpulan yang dapat dengan mudah kita pahami diri sendiri dan orang lain.

Salah satu pakar menyampaikan bahwa, kegiatan analisis yang ia lakukan dalam suatu penelitian ia lakukan dengan melakukan pemeriksaan data-data yang ia dapat dari pengumpulan data yang meliputi seluruh instrumen. 

Adapun hal yang kita butuhkan dalam teknik analisis data adalah adalah keakuratan dan ketepatan. Namun, banyaknya sumber informasi yang kita dapatkan dari berbagai sumber tentulah berbeda, sehingga dalam hal ini sangat kita perlukan ketelitian dari peneliti.

Dalam melakukan analisis data, perlu mencurahkan perhatian penuh saat menganalisis dan mendalami sumber dari kepustakaan untuk mencari teori-teori yang dapat kita jadikan dasar dalam penelitian.

Teknik analisis data adalah teknik yang harus kita lakukan dalam sebuah penelitian. Karena tentulah setelah mendapatkan data, tidak mungkin data hanya akan didiamkan saja, bukan? Dan peneliti tidak dapat hanya menerima data tersebut mentah-mentah.

Teknik Analisis Data Ada Berapa?

Teknik Analisis Data Ada Berapa?

Teknik analisis data ada berapa? Teknis analisis data yang kita kenali ada dua jenis, yaitu teknis analisis data kuantitatif dan teknis analisis data kualitatif. Kedua teknis tersebut dapat kita gunakan dengan metode penelitian yang kita gunakan.

Teknik Analisis Data itu Apa Saja?

Teknik Analisis Data itu Apa Saja?

Teknik itu apa saja? Terdapat dua jenis teknik pengumpulan data, yaitu:

  1. Analisis data kuantitatif, yaitu teknik analisis data yang berupa numerik. Teknik ini berfokus pada kuantitas dan tidak membutuhkan penjelasan yang panjang dari responden.
  2. Analisis data kualitatif, yaitu teknik pengolahan dari data yang bersifat no numerik. Kualitas menjadi fokus utama dalam teknik ini. Data akan semakin bagus jika semakin lengkap data yang kita dapatkan.

Apa Isi dari Analisis Data?

Apa Isi dari Analisis Data?

Apa isi dari analisis data? Teknis analisis data memiliki langkah-langkah yang harus kita tempuh, yaitu:

  • Pengolahan data, adalah proses untuk mengolah data yang telah kiya dapatkan. Proses ini memiliki dua tahap yaitu penyuntingan dan pengkodean. Penyuntingan (editing) adalah memeriksa data yang kita dapatkan dari pengumpulan data. Pengkodean kita lakukan dengan cara pemberian tanda atau simbol berupa  angka terhadap data yang kitadapatkan. Terdapat tiga jenis pengkodean, yaitu pengkodean terbuka, berporos, dan selektif.
  • Penganalisisan data, yaitu proses untuk menemukan data dan menentukan hipotesis. Setelah peneliti mendapatkan data yang sudah terklasifikasi, analisis mulai dapat kita lakukan untuk pembentukan pola. Pada penelitian kuantitatif, biasanya berbentuk statistic. Sedangkan, untuk penelitian kualitatif menggunakan bentuk coding. Hal tersebut dapat kita lakukan dengan menggunakan software komputer ataupun secara manual.
  • Penarikan kesimpulan (verifikasi), proses ini memiliki tujuan untuk mendapatkan kesimpulan dari kegiatan penelitian. Hal ini kita lakukan dengan dengan membandingkan rumusan masalah yang telah kita buat sebelumnya.

Teknik analisis data adalah menjadi hal yang penting untuk dipahami peneliti. Karena peneliti yang baik akan melakukan penelitian sesuai prosedur yang ada. Perlu diperhatikan juga bahwa penelitian memerlukan data yang kredibel, atau data dapat dipertanggungjawabkan oleh peneliti.

Selain itu peneliti juga dapat mencari teori dari pakar ataupun hasil penelitian sebelumnya yang masih dalam satu topik Karena nantinya hasil penelitian ini akan menjadi sumber informasi bagi peneliti yang lain.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.