Tensi Rendah? Inilah Makanan Untuk Menaikkan Tensi

Makanan Untuk Menaikkan Tensi

Setiap waktu darah kita dipompa dari jantung menuju seluruh tubuh. Selama proses tersebut, terdapat tensi (tekanan darah) rendah atau tinggi. Pada beberapa orang yang memiliki tensi rendah, pasti ingin menaikkan agar normal. Nah mari kita cari tahu bagaimana cara menaikkan tensi? dan makanan untuk menaikkan tensi itu apa?

Tekanan darah atau tensi adalah tekanan yang darah alami ketika dipompa dari jantung menuju seluruh tubuh. Tekanan darah ini sangat berkaitan dengan jantung, sehingga jika tensi teman-teman normal maka jantung dalam kondisi normal juga.

Jika saat mengecek tensi berada dibawah normal (rendah), maka seseorang akan merasa pusing dan kunang-kunang bahwa beresiko pingsan.

Penyebabnya sendiri adalah dehidrasi, kehilangan darah, anemia, kekurangan nutrisi, masalah jantung atau endokrin, sedang hamil, infeksi berat dan anafilaksis.

Terdapat beberapa cara untuk menaikkannya, makan makanan untuk menaikkan tensi termasuk salah satu caranya. Namun jika Tekanan darah rendah harus makan apa?

Bagaimana Cara Menaikkan Tensi?

bagaimana cara menaikkan tensi

Berikut beberapa cara menaikkan tensi :

  1. Memperbanyak minum
  2. Mengatur pola makan
  3. Makan makanan asin
  4. Mengurangi porsi makan
  5. Minum susu almond, teh atau kopi
  6. Menggunakan stocking khusus
  7. Berbaring terlentang dengan mengangkat kaki

Selain cara-cara tersebut, makan dapat menaikkan tekanan darah. Berikut makanan untuk menaikkan tensi :

1. Buah bit

Bit dapat membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah dan dapat menambah darah juga.

2. Semangka

Semangka mengandung air dalam jumlah besar, hingga mencapai 92 persen dari semangka adalah air. Semangka juga mengandung antioksidan berupa likopen, likopen dapat melawan radikal bebas sehingga mengurangi resiko kanker.

3. Telur

Telur termasuk daftar makanan untuk menaikkan tensi. Telur mengandung Vitamin B12, dengan cukupnya Vitamin B12 di dalam tubuh. Maka kita akan terhindar dari anemia, yang dimana anemia salah satu penyebab tekanan darahi rendah.

4. Seledri

Umumnya seledri digunakan sebagai penghias hidangan. Selain memperindah tampilan hidangan, seledri ini dapat menambah rasa juga. Namun sebenarnya terdapat manfaat lainnya, yaitu segudang nutrisi berupa kaya akan natrium dan air, mengandung Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin K serta folat.

5. Lemon

Jika bingung tekanan darah rendah harus makan apa, maka lemon adalah salah satu solusinya. Lemon mengandung air dalam jumlah besar sehingga akan mencegah kita mengalami dehidrasi. Selain itu terdapat Vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu tubuh dalam menjaga tekanan darah dan sirkulasi darah.

6. Timun

Teman-teman tentu sering menemui timun bukan? Terutama pada lalapan. Namun tahukah teman-teman bahwa timun termasuk makanan untuk menaikkan tensi. Dengan kandungan airnya yang mencapai hingga 96 persen, membuat timun dapat menaikkan tensi dan menjaga tubuh tetap terhidrasi serta membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah.

  1. Wortel
  2. Kacang-kacangan
  3. Tomat
  4. Buah olahan (buah kering, keripik, buah kalengan, dll)

Jus Buah Apa Yang Bisa Menaikkan Tensi Darah?

Tekanan darah rendah harus makan apa

Jika teman-teman bosan dengan makan makanan untuk menaikkan tensi darah atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengatur pola makan setiap harinya. Terdapat beberapa jus yang bisa menjadi jawabannya. Berikut jus buah apa yang bisa menaikkan tensi darah :

  1. Jus pepaya
  2. Jus bit
  3. Jus semangka
  4. Jus alpukat
  5. Jus jeruk
  6. Jus pisang

Teman-teman harus waspada terhadap tensi darah yang rendah karena dapat membahayakan teman-teman. Jika mengalami tensi rendah maka dapat melakukan beberapa cara untuk menaikkannya, seperti makan makanan untuk menaikkan ntensi darah.

Jika kita mempunyai tekanan darah yang normal, tentu otomatis kita akan tetap sehat dan dapat melakukan aktivitas kita tanpa terganggu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.