Tips dan Trik Menghadapi Interview Kerja! Buat Kalian yang Fresh Graduate!

pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya

Halo Temen-Temen apa kabar? jadi kalian mau cari pekerjaan nih? dan mungkin lagi bingung bagaimana nanti tahap interview kerjanya? tenang aku ada solusi untuk itu. Apa itu interview kerja?

Wawancara kerja atau interview kerja adalah tahap yang harus dilalui oleh seseorang ketika mencari pekerjaan. Momen ini biasanya kondisi yang membuat seorang menjadi gugup.

Jadi untuk mendapatkan gambaran seputar interview kerja, gak ada salahnya untuk mencari tahu soal pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya. Sebab, pertanyaan interview hampir semua perusahaan sama.

Namun kalian harus mempersiapkan jawaban sebagus mungkin sesuai posisi yang kalian lamar, agar perusahaan tertarik untuk menerima tawaran kerja tersebut.

Jadi dengan mempersiapkan pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya dengan matang bisa membuat lebih percaya diri di depan para penguji.

Dengan begitu bisa menunjukan bahwa pencari kerja benar-benar mempersiapkan diri dan lebih serius untuk melamar kerja.

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya Lulusan SMK

pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya lulusan smk

Banyak anak SMK yang baru lulus langsung memutuskan untuk terjun ke dunia kerja, tapi untuk bekerja di sebuah perusahaan tidaklah mudah.

Kita harus melewati tahap-tahap yang salah satunya tes interview kerja.

Ketika interview, penguji akan memberi pertanyaan yang bersifat menjebak, namun jangan khawatir karena aku akan memberitahu beberapa pertanyaan yang mungkin bisa membantu!

Perkenalan Diri

Pertanyaan ini selalu ada di test interview kerja, tetapi pertanyaan ini bersifat menjebak loh, maka dari itu kita harus mengetahui maksud dan tujuan dari pertanyaannya.Tujuan dari pertanyaan tersebut adalah sejauh mana kita bisa mendeskripsikan diri kita secara singkat.

  • Tips menjawab

Mungkin memperkenalkan diri secara formal setiap orang memahami point pentingnya, tapi saat di wawancara kerja itu sangat beda loh.

pertanyaan ini menjebak maka ada beberapa point oenting yang harus kalian perhatikan, yaitu

  1. Hindari menceritakan tentang latar belakang keluarga
  2. Perkenalkan nama kalian
  3. Tambahkan latar belakang tentang pendidikan kalian
  4. dan cantumkan pengalaman yang kalian punya.

dan ingat satu hal ini buatlah perkenalan diri yang mendeskripsikan diri sehingga anda terkesan menarik.

Contoh jawabnya : “nama saya —-, saya adalah seorang lulusan SMK negeri 1 bogor 2022. Pernah mengikuti program magang sebagai karyawan service laptop atau ponsel, saya orangnya ramah dan mudah bergaul serta mampu berbahasa inggris.”

Kenapa Kamu Tidak Melanjutkan Kuliah?

Untuk pertanyaan ini juga cukup menjebak jadi harus berhati hati saat menjawabnya, kalihan harus menghindari jawaban “karena tidak ada uang” karena akan berdampak buruk hingga penguji bisa menyimpulkan apabila kalian sudah punya uang kalian akan pergi meninggalkan perusahaan, sedangkan perusahaan mencari yang setia dan berjangka panjang.

Contoh jawabannya : ” Saya sudah tidak ingin kuliah karena saya ingin menjadi lebih mandiri dan tidak membebankan kedua orang tua lagi.”

Apa yang Membuat Anda Tertarik Kerja di Perusahaan Kami?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui karakter kalian dan tujuan kalian pelamar kerja di perusahaan tersebut, Karena perusahaan mencari seseorang yang memiliki visi dan misi karir yang jelas, serta bekerja dalam jangka yang panjan.

Tips untuk menjawab pertanyaan ini kalian harus tau kelebihan perusahaan itu, tapi jika kalian memiliki skill dan pengalaman yang sesuai maka bisa menjadi nilai plus.

Contoh menjawab dengan kelebihan perusahaan : “Bekerja di perusahaan mapan seperti perusahaan ini adalah sebuah impian saya dari awal, sebagai pekerja yang ulet dan memiliki kemauan untuk mempelajari hal baru dan bisa bekerja sama, maka posisi tersebut akan saya jalani dengan baik!”

Jadi itu adalah pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya lulusan SMK

Jadi itu adalah pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya lulusan smk

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawaban untuk Fresh Graduate

Ini adalah kesempatan emas bagi fresh graduate untuk melamar pekerjaan, tahap interview adalah kesempatan kalian bisa menunjukan kemampuan dan potensi terbaikmu. Dan kamu bisa menunjukan mengapa kamu cocok untuk melamar perkerjaan tersebut!

Dan bagi para fresh graduate yang minim pengalaman kerja dan interview, pasti bingung atau gugup saat akan menjawab pertanyaan dari sang penguji maka dari itu tidak ada salahnya untuk mencari tahu tentang pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawaban untuk fresh graduate.

pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawaban untuk fresh graduate

 

  1. Ceritakan tentang dirimu

Pertanyaan ini selalu muncul di tiap interview karena penguji ingin tahu seperti apa dirimu. Kamu bisa menjawabnya dengan nama, umur, asal. dan bisa juga kamu menambahkan prestasi atau pengalaman yang kamu punya.

  1. Jika kamu di terima di perusahaan, kapan bisa mulai kerja?

pertanyaan ini mungkin bisa menjebak, tapi kamu bisa menjawabnya dengan jawaban ideal, silahkan kalian jawab “Secepatnya” karena kemungkinana besar kalian bisa langsung bekerja.

  1. Apa ada yang ingin ditanyakan?

Jawaban terakhir di interview kerja yaitu pertanyaan yang terkait seluk beluk pekerjaan, kalian bisa tanya seputar pekerjaan, contohnya Bagaimana ritme kerjanya, budaya kerjanya.

Contoh Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya

contoh pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya

Ya disini aku akan memberikan beberapa contoh pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya.

  • Apa saja kelebihan dan kekuranganmu?

Pertanyaan ini mungkin singkat tapi ini di tujukan unutuk menilai kualitas diri kamu loh, jadi harus hati hati saat menjawabnya, untuk menjawabnya kamu harus jujur, dan relevan dengan posisi yang kamu lamar.

kamu bisa sampaikan skill yang kamu kuasai, sikap kepemimpinan yang kamu miliki. Sementara kelemahan, sebutkan yang bukan jadi keunggulanmu tetapi yang berusah kamu perbaiki, contoh kamu lemah di public speaking, tapi kamu masih berusaha untuk memperbaikinya dengan cara mencoba berintetaksi kepada banyak orang.

 

Jadi gimana masih bingung soal pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya. Jadi udah ada persiapan kan jadi ga usah bingung lagi buat menjawab pertanyaan pertanyaan dari penguji yang penting kalian harus jujur dan berani untuk menunjukan bakat kalian!

Untuk pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya sekian dulu ya temen temen. sampai jumpa!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.