Tumbuhan Bakau Memiliki Akar Napas yang Berfungsi Untuk

tumbuhan bakau memiliki akar napas yang berfungsi untuk

Tumbuhan bakau memiliki daya tahan tanaman yang sangat kuat dan kokoh tidak seperti tanaman yang lain. Tanaman ini banyak tumbuh pada area pinggir tepi pantai dan muara sungai. Semakin lama tumbuhan ini dilestarikan oleh pemerintah untuk melindungi dari terkikisnya daratan pantai oleh air ombak laut. salah satunya tumbuhan bakau memiliki akar napas yang berfungsi untuk berfotositesis guna untuk mengahasilkan oksigen baru,  menyerap air ditempat dia ditanam guna untuk sebagai salah satu sumber makanan tumbuhan bakau dan masih banyak lagi manfaatnya.

Tujuan ditanamnya tanaman bakau

Tujuan ditanamnya tanaman bakau

Berikut tujuan ditanamanya tanaman bakau yakni :

  1. Tanaman bakau dapat menjernihkan air pada sekitar yang kita tanami. Tanaman bakau memiliki zat anti karbondioksida serta dapat menyerap air.
  2. Selain tumbuhan bakau memiliki akar napas yang berfungsi untuk menghasilkan oksigen baru, tanaman ini dapat juga melindungi dari pinggir pantai dengan akarnya.
  3. Akar dari tanaman ini bisa dijadikan sebagai kayu bakar dapat digunakan untuk kebutuhan sehari hari masyarakat sekitar.

Daya tahan lama tumbuhnya tanaman bakau

Tanaman bakau memiliki daya tahan lama tumbuhnya tanaman bakau yakni sekitar setengah tahun untuk menjadi benih yang layak tumbuh dan membutuhkan waktu sekitar 5-10 tahun sebagai penahan dari terjangan ombak laut di pinggir pantai. Tumbuhan bakau memiliki akar napas yang berfungsi untuk pemecah ombak agar respirasi dalam akar berjalan dengan lancar dan sebagai penahan agar tidak terlalu tinggi air laut ketika menerjang tanaman bakau.

Buah bakau dapat diolah

Buah bakau dapat diolah

Tumbuhan bakau memiliki buah bakau dapat diolah atau dikenal dengan buah mangrove, buah ini dapat diolah sebagai bahan makanan yang mempunyai karbohidrat tinggi, bisa dimakan secara langsung atau bisa diolah menjadi bahan kue dan bisa dicampur dengan nasi sebagai lauk makanan. Buah bakau jarang kita temui sebagai alat tukar jual beli. Maka dari itu tidak banyak orang yang mengetahui buah bakau tersebut. Pada pulau jawa dan bali buah bakau biasanya terkenal dengan nama buah lindur. 

Akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui seluk-beluk buah lindur atau buah bakau tersebut!

Tumbuhan bakau memiliki akar napas yang berfungsi untuk mengurangi  polusi udara juga karena telah diketahui tanaman bakau dapat menghasilkan oksigen baru untuk manusia bernafas lebih segar kembali.

Sedangkan kayu bakau jarang kita temui pada sekitaran kota. Kayu bakau hanya dapat kita temui pada sekitaran masyarakat hutan bakau itu sendiri. Buah ini biasanya sering berfungsi untuk bahan bakar atau kayu bakar.

Tumbuhan bakau memiliki akar napas yang berfungsi untuk menjaga ekosistem habitat laut dan sebagai tempat tinggal binatang kecil disana, seperti halnya udang kecil atau ikan kecil yang membutuhkan tempat tinggal sebagai pelindung dari predator yang akan memakannya, maka dari itu jika terjadi kurangnya tanaman bakau atau tidak dilestarikanya tanaman tersebut maka ekosistem biota lautpun akan punah dalam sekejap. 

Peran kita sebagai manusia yakni menjaga kelestarian tanaman bakau yang telah diciptakan oleh Tuhan YME yang telah mengetahui agar daratan yang kita huni ini dijaga dengan baik yang tidak akan terkikis oleh air laut.

Karena kita mengetahui Indonesia memiliki banyak sekali pulau dan lautan yang luas. Karena kita lalai saat merawatnya itu dapat menyebabkan ombak laut menerpa darat tanpa adanya filter. Mulai dari sekarang kita harus menjaga kelestarian hutan bakau untuk kedepannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.