Universitas Terbuka Negeri Atau Swasta? Ayo Simak!

Universitas Terbuka Negeri Atau Swasta

Halo teman-teman kalian pasti pernah dengar kan apa itu Universitas Terbuka? Tapi masih bingung Universitas Terbuka Negeri Atau Swasta? Universitas Terbuka atau yang kerap orang orang paggil UT ini adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ke-45 di Indonesia telah berdiri pada 4 September 1984.

Mereka menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Dengan sistem ini mereka mampu meningkatkan daya jangkau dan juga pemerataan kesempataan pendidikan bagi semua orang Indonesia. Terutama untuk mereka yang tinggal di daerah terpencil dan terpelosok seperti di pedesaan, di seluruh nusantara atau bahkan di penjuru dunia.

Apakah Lulusan Universitas Terbuka Diakui?

Apakah Lulusan Universitas Terbuka Diakui?

Kalian masih bingung nih? Dan juga masih berpikir Apakah Lulusan Universitas Terbuka Diakui? Tenang saja kawan kawan, kalian tidak perlu bingung. Secara akademik Universitas Terbuka (UT) ini sudah terakui secara nasional dan juga sudah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Universitas Terbuka Negeri Atau Swasta? Tentunya negeri, makannya kualitasnnya tidak perlu kita ragukan lagi. Kualitas Universitas Terbuka (UT) sebagai penyelenggara pendidikan terbuka jarak jauh (PTTJJ) pun juga sudah diakui secara internasional, Universitas Terbuka (UT) sudah memperoleh pengakuan dari Internasional Council for Distance Education (ICDE) setelah ICDE lakukan review kualitas pada tahun 2005, 2010, dan 2015.

Selama sepuluh tahun pelaksanaan Sistem Jaminan Kualitas (Simintas), pada tahun 2012 UT pun merevisi Simintas UT 2002. Hal ini karena untuk memenuhi tuntutan seiring perkembangan jaman dan juga teknologi.

Revisi ini ICDE laksanakan dengan mengintegrasikan seluruh persyaratan standar kualitas yang harus ada oleh Peraturan Negara, Undang-undang, AAOU QA Statements of Best Practices dan juga dengan Renstra dan Renop UT untuk memenuhi kualitas standar baik yang nasional (BAN PT) maupun yang internasional (ISO 9001 dan ICDE).

Apa Bedanya UT dan Universitas Lainnya?

Apa Bedanya UT dan Universitas Lainnya?

Universitas Terbuka kita lihat sekilas tidak banyak yang beda, Hal ini membuat banyak orang bertanya tanya Apa Bedanya UT dan Universitas Lainnya? Saya akan menjawab pertanyaan ini. Perbedaan universitas terbuka dengan universitas lainnya tidaklah banyak dan orang-orang juga sering kebingungan Universitas Terbuka Negeri Atau Swasta.

Bahkan universitas terbuka ini juga universitas negeri lho. Yang membedakan adalah cara belajarnya saja, karena UT menerapkan sistem pendidikan jarak jauh. Yang jelas kalian harus ikut ujian dan sama juga jumlah SKS dll sepereti universitas biasa lainnya. Uniknya Universitas Terbuka (UT) adalah kalian bebas dalam hal waktu kuliah alias boleh lama-lama lulusnya.

Apa Keuntungan Kuliah di Universitas Terbuka?

Apa Keuntungan Kuliah di Universitas Terbuka?

Nah bagi kalian yang bertanya tanya Apa Keuntungan Kuliah Di Universitas Terbuka sih? kuliah di Universitas Terbuka (UT) ini ternyata banyak lho yuk simak apa saja keleibhannya :

  1. Cara belajar secara online dalam waktu 8 minggu setiap semesternya, jadi lebih singkat pembelajarannya kita bandingkan dengan universitas lainnya. 
  2. Cara belajar online tanpa tatap muka menjadikan kita belajar lebih mandiri dan fleksibel dalam mengatur waktu.
  3. Tidak ada UTS tetapi langsung UAS, jadi kalian cukup belajar instensif untuk sekali ujian UAS.
  4. UAS biasannya soal pilihan ganda (a.b.c.d.) sebanyak 40 sampai 55 dan tanpa esai (kecuali UAS khusus seperti Writing pada jurusan Penerjemahan Bahasa Inggris yang soalnya esai mengarang). Berarti soalnya relatif lebih sedikit jika kita bandingkan dengan UAS universitas lain.
  5. Tidak ada skripsi tapi adanya Tugas Akhir Program (TAP) yang merupakan tes tertulis (esai). Dari beberapa mata kuliah utama (sekitar 5–7 mata kuliah).
  6. Biaya kuliah yang kita bayar adalah biaya per SKS dan biayanya relatif murah, tergantung jurusan. (jadi sekitar 900rb sampai 1.2 juta per semester, tetapi tergantung jumlah SKSnya).
  7. Kita dapat menentukan jadwal mata kuliah sendiri selama kuliah.

Sekian itulah bahasan saya tentang Universitas Terbuka Negeri Atau Swasta, semoga dapat membantu kalian yang sedang mencari kuliahan, terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.