Untuk Melatih Otot Dada Saya Melakukan Latihan Apa?

Untuk Melatih Otot Dada Saya Melakukan Latihan

Apakah teman-teman bingung bagaimana sih cara melatih otot dada? Atau apakah push up membentuk dada? Mari simak untuk melatih otot dada saya melakukan latihan yang seperti apa.

Otot dada adalah otot yang berada di dada yang memiliki fungsi tertentu. Otot dada terdiri dari 2 jenis, yaitu otot pectoralis major dan otot pectoralis minor.

Kedua otot tersebut memiliki fungsi yang berbeda, pectoralis major berfungsi untuk memutar lengan ke arah dalam, merapatkan lengan kedalam, menarik lengan melalui dada dan menengahkan lengan. Sedangkan pectoralis minor berfungsi untuk menekan bahu dan menaikkan tulang belikat.

Untuk melatih otot dada saya melakukan latihan dilakukan latihan tertentu dan dapat disesuaikan kemampuan teman-teman. Karena dapat melakukan latihan otot dada di rumah atau di gym. Mari kita bahas satu per satu bagaimana cara latihannya :

Latihan Otot Dada di Rumah

Latihan Otot Dada di Rumah

1.) Plank

Untuk melatih otot dada dapat melakukan plank, karena plank akan menjadi gerakan dasar. Teman-teman dapat mulai dari forearm plank atau bisa langsung full plank. Plank dapat kalian lakukan 30-60 detik sebanyak 10 set. Plank akan membentuk otot dada serta otot lengan dan punggung.

2.) Push-up

Jika teman-teman bertanya apakah push up membentuk otot dada? Maka jawabannya iya, karena push-up akan melatih otot-otot bagian atas tubuh (lengan, perut, punggung dan dada). Untuk melakukan push-up, jika tidak dapat melakukan secara normal dapat melakukan push-up di tembok dahulu lalu kursi kemudian secara normal di lantai. Push-up dapat kalian lakukan secara repetisi 5, 10, hingga 15 repetisi

3.) Rotation Push-up

Gerakan ini tidak jauh berbeda dengan gerakan pada push-up. Yang membedakannya adalah gerakan tangan dilakukan bergantian. Setiap selesai satu kali push-up, angkat salah satu tangan keatas lalu bergantian dengan tangan lainnya.

4.) Chest Press

Selanjutnya untuk melatih otot dada saya melakukan latihan chest press. Latihan ini membutuhkan alat bantu berupa dumbel. Latihan ini dilakukan dengan cara merebahkan tubuh pada matras dan merentangkan tubuh di matras. Tangan yang direntangkan akan memegang dumbel, kemudian mengangkat tangan ke arah dada sebanyak 10 hingga 15 kali

Latihan Otot Dada di Gym

Latihan Otot Dada di Gym

1.) Bench Press

Bench press adalah cara yang paling populer untuk membentuk otot dada. Namun jika kalian lakukan kesalahan dalam melakukannya, maka latihan ini tidak akan membentuk otot dada sama sekali (Hal ini sering terjadi kepada pemula). Latihan ini kalianlakukan dengan berbaring pada bench dan kaki menopang pada lantai. Turunkan hingga hampir menyentuh dada dan angkat kembali beban. Latihan ini kalian lakukan 10-15 kali sebanyak 4 set.

2.) Bar Dips

Latihan bar dips sangat cocok untuk teman-teman yang ingin melatih otot-otot trisep termasuk otot dada. Untuk melakukan bar dips dimulai dengan memegang bar (kaki menggantung/menyilang), mengangkat tubuh hingga lengan menjadi lurus, menekuk sikut dan kembali ke posisi semula. Latihan ini dilakukan 10-15 kali sebanyak 4 set

3.) Standing Cable Flyes

Latihan standing cable flyes. Latihan ini juga membantu melatih otot perut jika melakukannya dengan berdiri. Untuk melakukan latihan ini mulaii dengan memegang handle cable dengan kedua tangan, tarik handle cable secara bersamaan ke depan dada kemudian kembali ke posisi awal. Gerakan ini kalian lakukan 10-15 kali sebanyak 4 set.

4.) Around The World

Latihan ini adalah latihan yang bertujuan melatih otot dada dan otot lengan bagian atas. Latihan ini kalian lakukan dengan berbaring telentang (menghadap atas) pada bench, memegang dumbel di samping tubuh, angkat lengan keatas seperti membentuk setengah lingkaran lalu kembali ke posisi semula. Lakukan sebanyak 10-15 kali sebanyak 4 set

Penutup

Jadi untuk melatih otot dada saya melakukan latihan tersebut. Teman-teman bebas memilih ingin melakukan latihan otot dada di gym atau secara sederhana di rumah, karena tidak ada yang berbeda baik di rumah ataupun di gym selama ada kemauan dan menjaga pola hidup yang sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.