Warna Merah dan Biru Menghasilkan Warna Apa?

Warna Merah dan Biru Menghasilkan Warna

Apakah kalian tau, untuk mendapatkan warna-warna tertentu kita dapat mencampurkan beberapa warna satu dengan yang lainnya? Contohnya pencampuran warna merah dan biru menghasilkan warna ungu. Sebelumnya apakah kalian semua tau apa itu warna?

Warna adalah sebuah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna, atau simplenya warna merupakan kesan yang itu berikan oleh cahaya yang dapat warna itu tangkap oleh mata kita.

Warna Merah di Campur dengan Warna Biru Jadi Warna Apa?

Warna Merah di Campur dengan Warna Biru Jadi Warna Apa?

Untuk mendapatkan suatu warna-warna tertentu kita bisa mencampurkan dua warna atau lebih menjadi satu, teknik ini disebut dengan pencampuran warna. Warna sendiri itu terdiri dari 3 jenis, yaitu:

  1. Warna Primer, merupakan warna dasar atau pokok yang terdiri dari warna merah, kuning, dan biru
  2. Warna Sekunder, merupakan hasil dari campuran warna-warna primer tadi
  3. Warna Tertier, merupakan warna dari hasil campuran warna primer dengan warna sekunder

Dari sini kita tahu bahwa dalam teknik pencampuran warna, warna-warna yang dapat kita gunakan merupakan warna primer dengan primer untuk menghasilkan warna sekunder, dan warna primer dengan sekunder untuk menghasilkan warna tertier.

Lalu, apabila warna merah di campur dengan warna biru jadi warna apa? Hal ini sudah Mimin singgung di awal tadi, dan pencampuran warna merah dan biru menghasilkan warna ungu.

Warna Hijau dan Merah Jadi Warna Apa?

Warna Hijau dan Merah Jadi Warna Apa?

Selanjutnya kita akan masuk ke pencampuran warna yang kedua, yaitu warna hijau dan merah jadi warna apa? Pencampuran ini berbeda dengan yang sebelumnya, yang mana pencampuran sebelumnya adalah pencampuran warna merah dan biru menghasilkan warna ungu, di mana merah dan biru merupakan warna primer. 

Seperti yang kita ketahui, hijau bukanlah warna primer dan untuk mendapatkan warna hijau sendiri kita harus mencampurkan warna biru dan kuning terlebih dahulu. Setelah itu baru kita bisa mencampurkan warna hijau dan warna merah yang akan menghasilkan warna primer yaitu kuning! Menarik bukan? Dengan mencampurkan warna primer dengan sekunder alih-alih mendapatkan warna tertier, kita juga bisa menghasilkan warna primer yang lainnya.

Warna Kuning dan Hijau Jadi Warna Apa?

Warna Kuning dan Hijau Jadi Warna Apa?

Setelah membahas pencampuran warna pencampuran warna merah dan biru menghasilkan warna ungu, serta warna hijau dan merah jadi warna kuning, lalu pencampuran yang ketiga adalah warna kuning dan hijau jadi warna apa? Kali ini kita akan mencampurkan warna primer yaitu kuning dengan warna sekunder yaitu hiijau. 

Seperti yang sudah Mimin jelaskan sebelumnya, hijau merupakan warna sekunder yang terdiri dari campuran biru dan kuning. Lalu, apa jadinya apabila hijau dicampurkan dengan warna pembentuknya, yaitu kuning? Jawabannya adalah campuran warna ini menghasilkan warna lime atau grass green yang merupakan warna tertier. Lime atau grass green ini merupakan warna hijau yang lebih terang, sesuai dengan perbandingan warna hijau dan kuning yang dicampur.

Ada filosofi unik tentang warna campuran hijau dan kuning ini loh! Warna lime biasanya memfilosofikan kesegaran, kreativitas, percaya diri, alam, dan energi yang kuat. Sedangkan untuk warna grass green melambangkan kemajuan, produktivitas, dan keseimbangan.

Penutup

Nah, itu dia pembahasan tentang pencampuran warna, mulai pencampuran warna merah dan biru menghasilkan warna ungu, hingga filosofi warna lime dan grass green. Warna-warna ini sangat menarik untuk dipelajari bukan? Dengan mencampurkan warna satu dengan yang lainnya, mungkin kalian akan menghasilkan warna baru yang belum kalian lihat sebelumnya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.