Warna Sekunder Terdiri Dari Apa Sih?

WARNA SEKUNDER TERDIRI DARI

Setiap hari tentu kita melihat warna, benda-benda yang ada di sekitar kita mempunyai warna. Namun apakah teman-teman tahu apa yang dimaksud dengan warna sekunder? Atau warna sekunder terdiri dari apa? Mari kita selidiki bersama.

Apa Yang Dimaksud dengan Warna Sekunder?

apa yang dimaksud dengan warna sekunder

Pertama-tama kita harus tahu dulu apa sih warna itu? Warna adalah kesan dari cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang membentuk corak-corak tertentu dan diterima oleh mata sehingga mata dapat membedakan benda yang satu dengan benda yang lainnya.

Warna sekunder berasal dari penggabungan primer dengan primer sehingga menjadi sekunder. Primer sendiri adalah warna induk atau utama sehingga tidak berasal dari.

apa-apa. Itulah mengapa beberapa pelukis dapat tetap melukis walaupun hanya mempunya warna primer.

Warna Sekunder Ada Berapa?

Warna sekunder ada berapa

Pada umumnya warna sekunder terdiri dari 3 buah, yaitu orange, hijau dan ungu. Ketiganya berasal dari warna primer, berikut penggabungannya :

  1. Orange

Orange berasal dari penggabungan merah dengan kuning.

  1. Hijau

Untuk mendapatkan hijau, maka dapat menggabungkan kuning dengan biru.

  1. Ungu

Ungu didapatkan dengan menggabungkan merah dengan biru.

Namun jika kita memainkan takaran dari penggabungan-penggabungan tersebut, kita bisa mendapatkan sesuatu yang baru entah menjadi lebih terang atau gelap.

Contohnya seperti teman-teman menggabungkan satu gelas merah dengan satu sendok biru. Maka warna yang akan dihasilkan bukanlah ungu seperti yang kita tahu, melainkan berubah menjadi ungu kemerah-merahan. Hal tersebut membuktikan bahwa takaran sangat mempengaruhi dalam menggabungkan atau membentuknya.

Sehingga jika ditanya warna sekunder ada berapa? Maka sebenarnya warna sekunder terdiri dari banyak macam, tidak hanya 3. Dikarenakan terdapat variasi-variasi lainnya seperti percobaan yang telah kita coba sebelumnya.

Jika sekunder berasal dari primer dengan primer, Apakah yang dimaksud dengan pencampuran dua warna sekunder?

Sebelumnya kita tahu bahwa terdapat 3 jenis, yaitu primer, sekunder dan tersier. Primer adalah warna utama atau induk sedangkan warna sekunder terdiri dari primer dengan primer. Namun, bagaimana dengan tersier?

Apakah yang dimaksud dengan pencampuran dua warna sekunder

Tersier berasal dari penggabungan antara primer dengan sekunder atau sekunder dengan sekunder. Sehingga tersier terdiri dari banyak sekali macam karena tidak terbatas pencampurannya, terlebih lagi takaran dapat membuatnya menjadi berbeda.

Contoh penggabungan primer dengan sekunder yang menghasilkan tersier :

  • Ungu dengan merah yang menghasilkan merah keunguan.
  • Merah dengan orange yang jika digabungkan menjadi orange kemerahan.

Orange dengan kuning membuatnya menjadi orange kekuningan, dll Contoh penggabungan tersier yang berasal dari sekunder dengan sekunder:

  • Ungu dengan orange menghasilkan coklat atau coklat kemerah-merahan.
  • Ungu dengan hijau yang digabungkan akan menghasilkan coklat kebiruan atau coklat tua.
  • Hijau dengan orange jiga digabung akan berubah menjadi coklat muda atau coklat kehijauan, dll.

Jadi jika terdapat pertanyaan apakah yang dimaksud dengan pencampuran dua warna sekunder maka teman-teman pastinya bisa menjawabnya. Begitupun jika yang ditanya pencampuran antara primer dengan primer atau primer dengan sekunder.

Bagi teman-teman yang ingin mempelajari atau ingin mengajari tentang warna baik primer, sekunder dan tersier. Terdapat beberapa cara, sebagai berikut :

  1. Krayon

Krayon adalah cara yang sangat mudah dilakukan. Hanya dengan menggambar satu krayon di atas krayon lainnya yang berbeda dapat menghasilkan sesuatu yang berbeda.

  1. Cat air

Pada umumnya pelukis-pelukis yang menggunakan cat air menggabungkan warna pada palet dibandingkan harus membeli semua macam-macamnya. Terlebih lagi terkadang cat buatan pabrik tidak sesuai keinginan, oleh karena itu melalui penggabungan takaran tertentu membuat pelukis mendapatkan yang diinginkan. Cara ini dapat kita gunakan juga dan tentunya melatih kita dalam melukis juga

  1. Air berwarna

Dengan menyediakan beberapa air yang telah diwarnai di wadah yang transparan. Kita mempelajari penggabungannya serta seru untuk dilakukan

  1. Aplikasi

Di era digital ini kita hampir dapat menemukan berbagai macam aplikasi. Kita dapat mendownload aplikasi lalu mencoba menggabungkan warna pada aplikasi tersebut. Cara ini sangat mudah dan hanya memerlukan gadget.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.