Wortel Buah Atau Sayur?

Wortel Buah Atau Sayur

Apakah teman-teman sering memakan wortel? Wortel sering dijadikan bahan di dalam beberapa masakan seperti sup dan gorengan. Namun pernahkah bertanya wortel buah atau sayur? Atau mungkin pertanyaan apakah wortel dan tomat itu buah atau sayur? Membingungkan bukan, mari kita lihat kebenarannya.

Buah adalah bagian dari tumbuhan yang mengandung biji dan mengandung nutrisi-nutrisi yang baik untuk tubuh. Sedangkan sayuran adalah bahan pangan nabati yang mengandung kadar air yang relatif tinggi dan biasanya dikonsumsi saat masih segar.

Apakah Wortel dan Tomat Itu Buah Atau Sayur?

Sebelum melihat jawaban dari tomat dan wortel buah atau sayur, mari lihat bagaimana keduanya digolongkan berdasarkan ilmu botani . Berikut penggolongannya :

apakah wortel dan tomat itu buah atau sayur

A. Penggolongan buah secara botani digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu :

  • Tunggal

Berarti berasal dari satu bunga, satu bakal buah dan hanya mempunyai satu biji

  • Ganda

Terbentuk dari satu bunga juga, namun pada bakal buahnya terdapat banyak bakal buah. Setiap buahnya akan diproduksi menjadi sendiri-sendiri atau individu, namun pada akhirnya akan menjadi sebuah kumpulan yang terlihat seperti satu.

  • Majemuk

Dibentuk oleh bunga majemuk, sehingga terbentuk dari banyak bunga dan banyak bakal buah. Pada akhirnya, hasil akhir dari pembuahannya hanya satu buah saja.

B. Penggolongan sayur secara botani digolongkan sesuai bagian yang tumbuh, yaitu :

  • Daun

Bagian yang dikonsumsi adalah bagian daunnya.

  • Batang

Bagian yang dimanfaatkan adalah bagian batangnya (ruas dan buku).

  • Akar

Akar yang menggembung adalah bagian yang dimanfaatkan. Biasanya ada pada tanaman umbi-umbian.

  • Polong

Tidak hanya bagian polong yang dimanfaatkan, namun pada bagian kulitnya dapat dimanfaatkan juga

  • Bunga

Sayuran yang berasal dari bunga termasuk golongan ini. Bagian yang digunakan adalah bagian bunganya

  • umbi batang atau lapis

Mengapa wortel disebut sayuran dan buah

Sayuran yang masuk ke dalam golongan ini sama-sama tumbuh ke dalam tanah. Perbedaannya pada umbi batang ujung batangnya membengkak akibat penimbunan makanan sedangkan umbi lapis menghasilkan lapisan umbi yang rimbun dan tebal serta menembak ke atas permukaan tanah.

Dari daftar penggolongan tersebut kita dapat mengetahui tomat dan wortel buah atau sayur.

Untuk wortel,wortel tergolong dalam sayuran. Mengapa wortel disebut sayuran dan buah itu salah, alasannya karena wortel termasuk ke dalam penggolongan sayuran akar jika dilihat secara botaninya.

Sedangkan tomat jika dilihat secara botani, termasuk ke dalam buah. Karena terbentuk dari bunga dan memiliki biji. Namun terdapat perdebatan karena jika dilihat secara metode pengolahannya, tomat termasuk ke dalam golongan sayuran.

Jadi itulah jawaban dari wortel buah atau sayur dan alasan mengapa wortel disebut sayuran dan buah itu salah, begitupun juga pada tomat

Namun bagaimana dengan yang lain, seperti apakah timun termasuk sayuran buah? paprika, labu dan lainnya.

Teman-teman dapat mengetahuinya dengan melihat dari penggolongan sebelumnya. Seperti pada saat mencari tahu tomat dan wortel buah atau sayur.

Apakah timun termasuk sayuran buah?  Tentu jawabannya adalah buah. Paprika dan labu juga termasuk ke dalam golongan buah jika dilihat berdasarkan botani. Membingungkan bukan? Karena selama ini kita mengenal timun, paprika dan labu sebagai sayuran.

Padahal jika dilihat berdasarkan penggolongan yang ada, ternyata ketiganya berasal dari golongan buah dan bukan sayur.

Tidak peduli buah atau sayuran, yang terpenting adalah semua hal tersebut mengandung nutrisi yang baik untuk dikonsumsi, sehingga tubuh dapat selalu sehat dapat menjalani aktivitas setiap hari. Jangan lupa teman-teman untuk selalu mengkonsumsi buah dan sayuran.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.